• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dukung Penanggulangan Bencana, BNPB Berikan Penghargaan Kepada BPPT

Bogor - BPPT terima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas dukungannya dalam Kegiatan Penanggulangan Bencana Tahun 2019 pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (04/02).

 

Rakornas yang diselenggarakan BNPB dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo. Dengan mengambil tema "Bencana Urusan Bersama", rakornas ini dihadiri oleh Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

 

Kepala BPPT Hammam Riza usai menerima penghargaan langsung dari Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja bersama yang dilaksanakan BPPT dengan BNPB dalam berbagai operasi penanggulangan bencana baik dari pencegahan maupun dalam penanggulangan bencana serta pasca bencana.

 

“Apresiasi dari BNPB ini, juga sekaligus pengakuan stakeholders serta masyarakat akan dukungan teknologi di sektor kebencanaan. Beruntungnya, BPPT memiliki semua teknologi itu. Sebut saja, mulai dari InaTEWS untuk mitigasi bencana tsunami, serta teknologi modifikasi cuaca, yang turut berperan dalam pemadaman kebakaran hutan tahun 2019 lalu, dan banjir Jabodetabek pada awal tahun ini,” detil Hammam.

 

BPPT lanjut Hammam, sangat mengapresiasi penghargaan ini. Ia berharap dalam setiap penanggulangan bencana, dan dalam melakukan manajemen terhadap kebencanaan, peran teknologi sangat dibutuhkan. Karena ini merupakan salah satu bidang prioritas yang harus didukung dan harus dilaksanakan.

 

“Peran teknologi dalam kebencanaan sudah tidak bisa kita hindari lagi. Tugas kita, mau tidak mau harus mampu menguasai teknologi kebencanaan, terlebih mitigasi bencana. Kita berdayakan teknologi tersebut agar bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Hammam.

 

Disebutkannya bahwa BPPT tahun ini mengembangkan sistem peringatan dini tsunami early warning system dan melanjutkan semua upaya teknologi reduksi resiko bencana seperti banjir& longsor, termasuk bencana hidrometrologi maupun geologi

 

“Ini akan terus digulirkan, kita jadikan sebuah kemampuan inovasi anak bangsa dalam penangulangan bencana,” pungkasnya. (Humas/HMP)

 

Tag:

TPSA, BBTMC, Operasi TMC, Penghargaan BNPB, Hammam Riza, Rakornas Penanggulangan Bencana

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT