• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sambangi TPST Bantar Gebang, Wamen LHK Apresiasi PLTSa Merah Putih BPPT

Dalam rangka monitoring dampak hujan deras yang berdampak pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong, melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu di Kota Bekasi (03/01).

 

Setibanya,  Wamen beserta rombongan diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta beserta Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT Rudi Nugroho, Dirjen Pengelolaan sampas, limbah dan B3 Rosa Vivien Ratnawati.

 

Dikatakan Wamen, kunjungannya kali ini untuk meninjau kesiapan TPA menghadapi datangnya musim hujan.

 

TPST Bantar Gebang juga menjadi lokasi pilot project Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang merupakan proyek kerja sama antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pemprov DKI Jakarta.

 

Dengan kapasitas 100 ton/hari, PLTSa menghasilkan output listrik hingga 700 kW/jam yang digunakan untuk keperluan internal PLTSa. Tahun ini, PLTSa ditargetkan dapat beroperasi penuh.

 

Pola pengelolaan sampah di TPST Bantar Gebang ini menurut Wamen terlihat menjanjikan sekali dan disini juga circular economy sudah mulai dijalankan.

 

Dulu sampah hanya menjadi sampah (waste to waste), sekarang dapat menjadi energi (waste to energy) dan PLTSa dapat menjadi percontohan di seluruh Indonesia, ujarnya.

 

Sebelum berkeliling TPA, Wamen beserta rombongan berkenan meninjau pengoperasian PLTSa Merah Putih BPPT dan mendapatkan penjelasan langsung dari Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT Rudi Nugroho.

 

Wamen sangat mengapresiasi PLTSa Merah Putih BPPT. Saya berharap PLTSa ini dapat diterapkan dikota-kota lain dalam sekala yang lebih besar, tutupnya. (Humas)

 

Tag: TPSA; PTL; PLTSa Merah Putih; Wamen LHK; Alue Dohong; Rudi Nugroho


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT