Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT: Mitigasi Bencana Dengan Teknologi (II)

Menyikapi isu aktual yakni kebencanaan yang baru melanda Palu, Donggala hingga Lombok, dikatakan Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) BPPT, Hammam Riza, dalam acara ASEAN ICT Virtual Organization of ASEAN Institutes and NICT (IVO) Forum 2018, yang berlangsung 27 November lalu.

BPPT imbuhnya telah melakukan pelbagai rekayasa teknologi guna reduksi risiko bencana. 



“Era Indonesia 4.0 ini, tentu dalam langkah mitigasi kebencanaan perlu ditopang oleh teknologi. Sistem deteksi dini diperlukan guna antisipasi bencana, mulai dari banjir, tanah longsor, tsunami. Selain itu, alat deteksi ketahanan gedung bertingkat dalam menghadapi gempa bumi jelas dibutuhkan, khususnya di kota besar,” paparnya pada acara yang digelar di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

ASEAN IVO and NICT disebut Tenaga Ahli Komunikasi BPPT, Ashwin Sasongko merupakan aliansi global institut dan universitas di kawasan ASEAN dan Jepang yang fokus pada penelitian dan pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). 

Misi ASEAN IVO urainya adalah untuk mencari dan mengidentifikasi bidang penelitian TIK strategis di kawasan ASEAN dan mendukung proyek-proyek kolaboratif di dalamnya, mempromosikan aliansi internasional antara universitas dan lembaga penelitian di kawasan ASEAN dan Jepang. 

"Proyek kolaboratif bertujuan untuk mengatasi tantangan umum, salah satubya terkait kebencanaan, dah hal lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut Vice President NICT Jepang Dr. Fumihiko Tomita menyebut acara ini penting guna peningkatan dan pemanfaatan TIK untuk mitigasi kebencanaan.

Melalui forum ASEAN IVO paparnya, diharap dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap potensi bencana alam. 

"Baik Indonesia dan Jepang, negara-negara di ASEAN pun memilki masalah bencana alam yang sama, oleh karena itu kolaborasi dalam forum ini sangat penting bagaimana kita memanfatkan TIK untuk penanggulangan bencana alam.” pungkasnya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id