Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Bhakti Teknologi: BPPT Hibahkan Teknologi Air Siap Minum untuk Gempa Lombok (II)


Lombok Utara, 3 Oktober 2018, www.bppt.go.id -- BPPT sejak awal terjadi Gempa Lombok, yakni September 2018 telah mengirimkan teknologi Pengolah Air Siap Minum atau ARSINUM yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah bencana Gempa Lombok.

Disebutkan Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza dalam Aksi Sosial dan Bakti Teknologi BPPT untuk Bencana Gempa di Lombok, NTB, bahwa inovasi Arsinum merupakan bukti nyata teknologi mampu berperan untuk antisipasi bencana, pun pasca bencana.


Unit Pengolah Air Siap Minum BPPT, disebutnya ada dua tipe. Satu unit fix Arsinum dipasang di Kantor Pemkab Lombok ini, serta unit lainnya adalah mobile Arsinum. Sejak 7 September 2018 imbuhnya, kedua tipe tersebut telah dioptimalkan operasinya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga yang terpapar bencana Gempa Lombok.

"Setiap kali unit Arsinum Mobile beroperasi setidaknya ada sekitar 1000 hingga 3000 liter air bersih dan siap minum yang didistribusikan kepada 20 hingga 80 kepala keluarga. Total mencapai 65000 Liter sepanjang operasi," papar Deputi TPSA dalam acara yang diadakan di Kantor Bupati Lombok Utara, Rabu, (03/10/2018).


Arsinum Fungsi Ganda



Pada kesempatan yang sama, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT, Rudi Nugroho merinci bahwa teknologi Arsinum bisa di modifikasi untuk olah air bersih. 
 
"Selain dapat menyediakan air siap minum, kedua peralatan ini, dalam kondisi-kondisi yang dibutuhkan dapat dimodifikasi menjadi unit pengolah air bersih," urainya.

Dikatakan olehnya, Mobile Unit Arsinum, sesuai fungsinya telah melayani berbagai lokasi secara mobile atau bergerak dengan cepat ke lokasi yang membutuhkan. Pengoperasian unit Arsinum Mobile ini diprioritaskan di dusun-dusun daerah Lombok Utara yang memang terkena dampak gempa paling parah. 

Dusun-dusun yang memperoleh prioritas pelayanan, yaitu antara lain :

1. Dusun Panggang Timur, Desa Sambik Jengkel 2. Dusun Lempenge, Desa Rempek 3. Dusun Rest Area Kayangan, Desa Kayangan 4. DusunTukak Bendu, Desa Santong 5. Dusun Tampes, Desa Selengen 6. Dusun Dompo Indah, Desa Sambik Jengkel dan daerah-daerah lainnya

Unit Mobile Arsinum sampai saat ini telah dioperasikan selama 25 hari melalui koordinasi dengan otoritas penanganan bencana setempat.

Lebih lanjut untuk Unit Fix ARSINUM yang akan dihibahkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara, tentu sebagai Barang Milik Negara (BMN), dalam proses penghibahan ini memerlukan mekanisme administrasi sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Untuk itu pada hari ini, kami secara administrasi untuk sementara ingin menyerahkan pengelolaannya kepada Pemerintah  Kabupaten. Semoga sambil menunggu proses penghibahan Barang Milik Negara ini, unit  ini dapat dikelola secara baik dan optimal sehingga bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang terdampak musibah gempa saat ini.


"Insha Allah Unit ini akan dihibahkan kepada  Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk dikelola secara berkelanjutan, baik saat tanggap darurat bencana maupun nanti setelah kehidupan pulih secara normal. Teknologi Pengolah Air Siap Minum atau Arsinum yang dikirim ini merupakan salah satu produk teknologi tepat guna hasil karya peneliti dan perekayasa dari Pusat Teknologi Lingkungan (PTL) - BPPT yang sudah diterapkan di beberapa tempat di Indonesia," pungkasnya. (Humas/HMP)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id