Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Dukung Pemasangan Kabel Optik Bawah Laut, BPPT Lakukan Survei Di Perairan Palu, Dili Dan Kupang

 

BPPT melalui Balai Teknologi Survei Kelautan melakukan survei pemetaan bawah laut dalam rangka pemasangan kabel optik. Kegitan ini merupakan kerjasama dengan PT Tri Mitra Resources yang merupakan perusahaan dalam bidang komunikasi dan sudah berpengalaman melakukan survei untuk instalasi fiber optik. Ketua tim pemetaan dasar laut dalam rangka pemasangan kabel bawah laut, Dwi Haryanto mengatakan, wahana survei yang digunakan kali ini adalah kapal riset Baruna Jaya I. Kapal tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan Multibeam yang digunakan untuk memetakan topografi dasar laut, katanya di Jakarta (29/06).

 

 

Peralatan pendukung lainnya yakni Digital Global Positioning System (DGPS) untuk navigasi, serta singelbeam untuk kalibrasi kedalaman dan PDS 2000 untuk akuisisi data hasil survei.

 

Perekayasa muda bidang hidrografi ini juga menjelaskan bahwa peralatan tersebut dapat menampilkan data kedalaman dasar laut serta mempunyai kemampuan memetakan kedalam laut hingga 11 km.  

 

Adapun survei ini bertujuan untuk mengetahui kedalaman laut survei batimetri guna perencanaan pemasangan kabel optik, serta untuk mengetahui kondisi bawah permukaan laut melalui survei instrumentasi geologi dan geofisika dalam perencanaan pemasangan kabel laut.

 

Sebagai informasi, survei dilaksanakan pada 29 Juni hingga 21 Agustus 2018 dengan rute pelayaran Jakarta-Palu-Dili-Kupang-Jakarta dengan melibatkan 47 orang, terdiri dari 20 ABK, 16 orang engineer, 10 orang teknisi dan satu paramedis. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id