Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Terkait Prediksi Cuaca, BPPT - JAMSTEC Lakukan Riset Bersama

Kapal ini sudah melakukan survei untuk kegiatan Year of the Maritime Continent (YMC) di Barat Sumatera sejak 45 hari yang lalu, berangkat dari Singapura kemudian melakukan survei 15 hari di Barat Sumatera dan 30 hari melakukan pengukuran iklim di 100km Barat Bengkulu dan parameter cuaca serta laut, demikian kata Direktur Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Wilayah BPPT Yudi Anantasena di sela kunjungan ke Kapal Riset MIRAI milik Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC), di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (05/01).

 

 

Pada kesempatan tersebut pihak JAMSTEC memberikan kesempatan untuk mengunjungi dan melihat langsung operasional kapal Riset MIRAI selama berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok

 

Dikatakan Yudi, Kegiatan ini merupakan rangkaian dari YMC yang akan dilakukan dari 2017 hingga 2019 dengan melibatkan beberapa sekitar 11 negera. Indonesia di koordinir oleh BMKG, BPPT, LAPAN.

 

Jadi kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang akan sangat panjang, ini akan sangat berguna untuk memprediksi cuaca yang terjadi di Indonesia khususnya sebagai benua maritim yang akan berpengaruh terhadap cuaca global, jelas Yudi.

 

Jadi menurut Yudi, pengaruh dari benua maritim Indonesia ini sangat mempengaruhi kepada kondisi cuaca dan meteorologi di dunia. Mengenai peran BPPT, Yudi menyampaikan kami sudah lama kerjasama dengan JAMSTEC, kita punya sumberdaya manusia yang ikut terlibat dalam kegiatan survei di kapal ini.

 

Sementara itu Peneliti Utama dan Principal Investigator untuk pihak Indonesia dalam YMC Fadli Syamsudin menyampaikan, kejasama BPPT, BMKG dan JAMSTEC dalam rangka kampanye internasional benua maritim, kenapa dilakukan kampanye internasional karena benua maritim adalah bagian terkahir yang kita ketahui terkait dengan perubahan iklim

 

Jadi penelitian dilakukan dikapal riset MIRAI ini secara serempak, ada juga diperairan Bengkulu dengan kapal ini melakukan, penelitian ini mengenai meteorologi dan laut, ujar Fadli.

 

Tujuan akhirnya adalah ingin mengetahui bagaimana sebenarnya cuaca dan iklim di dunia, karena mereka tahu wilayah Indonesia mempengaruhi iklim di dunia, tutup Fadli. (Humas/HMP)

 

Galeri foto kegiatan ini dapat dilihat di tautan berikut - menuju galeri foto

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id