• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Perkuat Data Pengamatan Laut, BPPT-BMKG-NOAA Lakukan Kerja Sama

bppt.go.id - Bekerja sama dengan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) U.S. Department of Commerce serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), BPPT melakukan riset bersama dalam pengamatan perubahan iklim laut untuk deteksi ancaman tsunami di perairan Aceh.

 

"BPPT memiliki kapal riset dengan kemampuan peralatan dan sumber daya manusia yang mumpuni. Kami juga memiliki buoy tsunami yang dapat memancarkan data dan memberikan peringatan apabila ada ancaman tsunami," terang Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumber daya Alam BPPT, Wimpie Agoeng Noegroho, pada acara Open Ship Kapal Riset Baruna Jaya I di Pelabuhan Malahayati, Aceh (3/03).

 

 

Wimpie menambahkan, selain dapat memberikan peringatan akan bahaya tsunami, buoy juga dapat dimanfaatkan dalam memberikan data klimatologi yang dibutuhkan, khususnya bagi BMKG yang berwenang dalam mengolah data tersebut. Ia juga meyakini, kerja sama dengan BMKG akan membawa manfaat besar bagi Indonesia.

 

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, R. Mulyono Rahadi Prabowo, juga menyatakan bahwa selama ini pengamatan yang dilakukan BMKG masih banyak terpusat didarat, sedangkan untuk pengamatan laut masih belum teroptimalkan.

 

"Dari 180 UPT (Unit Pelayanan Teknis) di BMKG yang melakukan pengamatan cuaca dan iklim, hanya 10 UPT yang melakukan pengamatan cuaca dan iklim maritim. Itu pun hanya untuk pengamatan di wilayah dalam, bukan untuk wilayah pesisir," terang Mulyono.

 

Kondisi cuaca iklim di wilayah Indonesia, menurut Mulyono, tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi cuaca iklim setempat, tetapi juga dipengaruhi oleh sisi sebelah barat Samudra Hindia dan sebelah timur Samudra Pasifik. Sementara, data pengamatan laut di wilayah tersebut masih sangat minim.

 

"Khususnya bagi BMKG, kami sangat membutuhkan adanya data tersebut untuk perkiraan iklim di Indonesia. Interaksi udara laut sangat penting dalam pengamatan kondisi cuaca. Bersama dengan BPPT yang memiliki fasilitas lengkap, kami optimis data-data yang dibutuhkan akan segera diperoleh," pungkasnya. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT