• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Optimalisasi Kapal Riset Guna Kemajuan Indonesia

Bertujuan lebih mengoptimalkan kapal riset Baruna Jaya BPPT yang memiliki spesifikasi dalam survei kelautan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT Patra Dinamika sepakat melakukan penandatanganan kerjasama, Kamis kemarin (24/07). Penandatanganan nota kesepahaman, dilakukan langsung oleh Deputi BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA), Ridwan Djamaludin dengan Direktur Utama PT Patra Dinamika, Ahmad Zaelani.

 

Kerjasama tersebut, menurut Ridwan adalah sebuah langkah yang maju. Karena BPPT memang dibentuk oleh pemerintah sebagai lembaga litbang kaji terap teknologi, untuk dimanfaatkan seluas luasnya oleh industri nasional. dengan tujuan membangun dan memajukan bangsa.  

"BPPT akan memberikan kontribusi berupa bantuan teknis dan pengembangan SDM. Dari sisi kebijakan program dan anggaran, Kementerian Keuangan dan Bappenas telah memberikan dukungan. Kerjasama ini menjadi kebanggaan bagi BPPT khususnya, karena dipercaya menjadi bagian dalam memajukan bangsa. Kami akan memberikan segenap kemampuan guna mensukseskan kerjasama ini," tegas Ridwan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Teknologi Survey Kelautan BPPT, Wahyu Widodo Pandoe. "Pada dasarnya kerjasama antara BPPT dengan PT Patra Dinamika adalah kerjasama pemanfaatan kapal riset yang dimiliki oleh BPPT. Kapal riset ini mempunyai kemampuan khusus yang sangat bermanfaat, misalnya untuk survey migas dan penelitian kelautan," terangnya.

Terkait potensi yang dimiliki Indonesia, Akhmad menilai banyak sekali potensi yang ada pada Indonesia, namun belum termanfaatkan secara optimal. "Dengan kerjasama ini, saya akan menempatkan kapal Baruna Jaya tidak hanya kedalam kancah nasional namun juga pasar regional ASEAN," tandasnya. (syra/humas)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT