• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

UBAH PARADIGMA SAMPAH, KELOLA SAMPAH JADI SUMBERDAYA

“Sejak 2008 keluar UU No 18 kemudian dilanjutkan dengan PP No 81 Tahun 2012, dimana pada dasarnya sejak tahun 2013 ini kita tidak punya pilihan lain selain mengolah sampah  menjadi sumber daya. Sebelumnya paradigma yang terjadi di masyarakat bahwa sampah adalah sampah, sesuatu yang tidak lagi bisa kita gunakan dan sesuatu yang berkonotasi sia-sia”.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Djamaluddin, Deputi Kepala BPPT BIdang TPSA yang mewakili Kepala BPPT pada acara Seminar Nasional “Teknologi Pengolahan Sampah Berwawasan Lingkungan Paska Terbitnya PP No 81 Tahun 2012 dan Implementasinya bagi Kabupaten/Kota”, di BPPT. (16/05).

Menurutnya, seiring dengan berkembangnya kehidupan masyarakat, sampah telah pula menyebabkan bencana seperti banjir, longsor dan terkait dalam isu-isu perubahan iklim.

“Sebagai bagian dari warga dunia dan juga warga Indonesia yang baik, mari kita mulai menerapkan teknologi-teknologi atau pengetahuan-pengetahuan termasuk juga kebijakan lokal yang berkembang di masyarakat untuk melakukan gerakan 3R yang sudah tidak asing lagi dan seharusnya sudah menjadi kehidupan kita sehari-hari”, ungkap Ridwan.

Berbicara mengenai gerakan 3R, Ridwan mengatakan keyakinannya akan pentingnya keterlibatan masyarakat didalamnya. “Tidak mungkin difokuskan pada tempat-tempat tertentu, bidang-bidang tertentu pihak-pihak tertentu saja, seluruh masyarakat harus terlibat karena sampah adalah bagian dari kehidupan kita bersama”, tuturnya. (SYRA/humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT