Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

LOMBA RANCANG BANGUN E-VOTING 2010 MEMASUKI TAHAP REVIEWER

Lomba Rancang Bangun Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pemilu E-Voting yang diselenggarakan BPPT, yang merupakan rangkaian dari HUT ke 32 BPPT sekaligus memperingat Hari Teknologi Nasional, sudah memasuki tahap penilaian reviewer mulai dari 1 September 2010 hingga 14 September 2010 mendatang.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Standardisasi (PDIS) BPPT, Harry Budiarto, yang ditemui diruang kerjanya, Jum'at (03/9) mengatakan bahwa dari 97 peserta yang mendaftar, terseleksi 45 peserta yang lolos dalam tahap seleksi admisnistrasi. ‚Dari 45 peserta, 37 merupakan peserta perorangan dan 8 peserta dari institusi. Seleksi tahap ini dilakukan untuk memenuhi syarat ketertiban administrasi yaitu peserta yang mematuhi waktu pendaftaran dan waktu pengiriman dokumen, peserta yang mengisi seluruh data personal, dan peserta memenuhi format penulisan yang telah ditetapkan oleh panitia‚.

‚Setelah terpilih 45 peserta, tahap selanjutnya adalah tahap seleksi reviewer yang dilakukan untuk mendapatkan delapan peserta yaitu tiga peserta institusi dan lima peserta perorangan. Materi penilaiannya meliputi pemenuhan atas enam asas pemilihan ‚LUBER JURDIL‚, fungsi keamanan sistem e-voting, fungsi audit manual sistem e-voting, fitur aksebilitas sistem e-voting, keramahan terhadap pengguna, hemat energi, praktis dan transparansi‚, papar Harry.

Selanjutnya Harry menjelaskan, peserta yang lolos seleksi reviewer tersebut diundang untuk presentasi dan diskusi dengan juri yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2010 yang bertempat di Komisi Utama BPPT yang akan dihadiri oleh para pejabat eselon 1 BPPT, anggota KPU, Depdagri, dan DPR Komisi 1.

Untuk seleksi presentasi, peserta harus melakukan presentasi dan diskusi dengan menjawab berbagai pertayaan dari tim juri yang terdiri dari Kepala BPPT Marzan A Iskandar sebagai pakar Teknologi sekaligus sebagai Ketua Juri, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jimly Asshiddiqie sebagai pakar Hukum Tata Negara, Anggota KPU, Abdul Aziz sebagai pakar Sistem Pemilihan Umum, Ninok Leksono dari kalangan media sebagai Pakar Keamanan Informasi dan Praktisi Hukum dan TIK, Edmon Makarim sebagai Pakar Hukum Pidana Cyber.

‚Dari bahan-bahan yang sudah kami terima, Saya melihat ada banyak ide-ide cemerlang dari para peserta tentang aplikasi e-voting. Diharapkan dengan diadakannya lomba rancang bangun perangkat dan sistem e-voting ini, akan memberikan kontribusi besar untuk pelaksanaan e-voting 2014 mendatang‚, jelasnya. (KYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id