• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tingkatkan Angka Kesembuhan, BPPT Serahkan Emergency Ventilator Di RSU Wali Songo

Dalam rangka upaya meningkatkan angka kesembuhan pasien konfirmasi positif Covid-19 di Gresik Jawa Timur, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyerahkan emergency ventilator ke Rumah Sakit Umum Wali Songo 1, Gresik. Penyerahan dilakukan langsung oleh kepala BPPT Hammam Riza kepada Direktur Rumah Sakit Alfiatin Fitria yang juga dihadiri Anggota Komisi VII DPR RI, Dyah Roro Esti Widya Putri (03/11).

 

Dikatakan Hammam, fungsi ventilator sangat penting guna meminimalisir angka kematian akibat Covid-19, karena Covid-19 adalah penyakit yang menyerang paru-paru yang merupakan organ pernapasan.

 

Emergency ventilator ini adalah salah satu karya anak bangsa yang dibuat dalam waktu singkat untuk membantu penanganan Covid-19. Ini merupakan inovasi karya anak bangsa yang harus didukung agar bangga menggunakan produk Indonesia, ujarnya.

 

Saat ini BPPT juga tengah mengembangkan ICU ventilator yang akan diproduksi di dalam negeri guna mengurangi ketergantungan akan produk impor. Selain itu, BPPT juga telah mendistribusikan Mobile Lab BSL-2 untuk melakukan PCR test di beberapa rumah sakit, seperti di rumah sakit Ridwan Meureksa Jakarta, rumah sakit Putri Hijau di Medan sampai dengan rumah sakit Pertamina di Plaju Palembang

 

BPPT pun tengah mengembangkan Mobile Lab BSL-2 berbentuk bus yang dapat melakukan tes PCR sebanyak 300-500 spesimen per hari yang akan digunakan untuk pemenuhan tes spesimen di berbagai pelosok negeri, pungkasnya.

 

Dikesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri mendukung penuh penelitian dan pengembangan dalam negeri yang dihadirkan BPPT dan ventilator ini tidak kalah dengan produk impor.

 

Dyah berharap, emergency ventilator tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Alfiatin mengatakan bahwa rumah sakit yang dipimpinnya sangat terbantu dengan adanya emergency ventilator BPPT, karena selama ini pasien yang mengalami gangguan pernapasan harus dirujuk ke rumah sakit lain. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT