• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Ramah Lingkungan, BPPT Ubah Ban Bekas Jadi Sumber Energi

Jakarta, (04/02). Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Kedeputian Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Studi Kelayakan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Ban Bekas di Indonesia.

 

Deputi Bidang TIEM BPPT Eniya Listiani Dewi dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Jepang melalui Kementerian Lingkungan Hidupnya telah melanjutkan kerja sama penelitian tentang studi kelayakan tentang penggunaan ban dengan menggunakan Boiler Circulating Fluidized Bed (CFB)  untuk mengatasi peningkatan limbah ban yang di Indonesia.

 

Dikatakannya, bahwa Sumitomo Heavy Industry dan Japan Coal Energy  memfasilitasi penelitian ini guna mengamati dan mempelajari dengan BPPT kemungkinan menggunakan ban bekas sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

                                                                                                                                          

Gagasan untuk menggunakan ban bekas guna mendapatkan penghematan CO2 menurut Deputi Eniya adalah salah satu cara untuk mengatasi perubahan iklim serta mengatasi potensi penyakit tropis seperti demam berdarah.

 

Penggunaan teknologi pembakaran metode CFB yang telah digunakan Sumitomo akan dapat diterapkan guna memanfaatkan limbah ban dan sekaligus melakukan upaya untuk mengekang emisi CO2 serta menyelesaikan masalah limbah kota merupakan ide unik, ujarnya.

 

Tantangan di depan lanjut Eniya yakni mewujudkan ide itu. Ini akan menjadi pembangkit listrik dengan kapasitas kurang dari 10 MW dan cocok untuk pulau-pulau kecil di Indonesia.

 

BPPT sebagai ketua tim nasional akan mengoptimalkan penggunaan konten lokal, untuk itu perlu adanya forum pertemuan antara perusahaan Jepang dan mitra Indonesia untuk berbicara dan membahasnya, ucap Eniya.

 

Untuk itu lanjutnya, terus lanjutkan kerja sama yang baik dengan Kementerian dan Instansi terkait seperti Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PLN, serta dengan perusahaan-perusahaan Jepang seperti Sumitomo Heavy Industry dalam mewujudkan pembangkit listrik bersih Indonesia. (Humas/HMP)

 

Tag:

TIEM, BTBRD, Eniya L. Dewi


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT