• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kurangi Ketergantungan Alkes Impor, BPPT Dorong Inovasi Bidang Kesehatan

Kebutuhan alat kesehatan di Indonesia sangat tinggi, seiring dengan meningkatnya angka usia harapan hidup, tingginya angka kecelakaan, banyaknya peristiwa bencana alam, seperti gempa bumi. Berdasarkan hasil analisa market share dan sales growth alat kesehatan di dunia internasional pada top 10 Devices Areas konsultan Evaluate Med Tech sampai dengan tahun 2020 sebanyak 17,5% berasal dari implan orthopedics dan 12,7% dari implan opthalmics (implan mata), demikian dikatakan Deputi Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) BPPT Eniya Listiani Dewi pada acara FGD Pengembangan Riset dan Inovasi Produk Implan Mata Nasional, di Jakarta (08/08).

 

Eniya menambahkan, apabila dilihat market share dan belanja alat kesehatan impor, maka akan terdapat potensi pengembangan pasar implan mata lokal sebesar Rp.31 triliun, yang mana sumber dana tersebut menggunakan dana APBN sebesar 75%.

 

Sejak tahun 2013 Pusat Teknologi Material BPPT ungkap Eniya, telah memulai kegiatan  inovasi material biocompatible untuk industri alat kesehatan dengan mengembangkan material bahan baku Stainless Steel 316L (SS 316L).

 

Hasil inovasinya adalah menghasilkan produk dengan harga relatif murah dan dapat didesain sesuai dengan anatomi tulang manusia Indonesia dengan memanfaatkan bahan paduan logam SS 316L yang berasal dan tersedia di Indonesia, yaitu bahan Ferro-Nickel (FeNi) Pomalaa, di Sulawesi Tenggara, jelasnya.

 

Eniya juga menyebut, dalam pengembangan implan mata, BPPT melalui Balai Teknologi MEPPO juga telah mengembangkan teknologi CNC Milling Machine Tools dengan teknologi High Speed Machining (HSM) untuk pembuatan Intra Ocular Lens (IOL) yang merupakan hasil kerjasama dengan Laboratorium Dinamika PAU ITB, PT. Rohto Laboratories Indonesia dan Kemenristekdikti sejak tahun 2004.

 

Diakhir, Eniya berharap dapat mengembangkan program riset dan inovasi kedepan melalui kerjasama sinergis dan kolaborasi semua pemangku kepentingan sehingga dapat membuahkan hasil inovasi produk alat kesehatan implan mata dalam negeri yang dapat dinikmati oleh masyarakat. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT