Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Dorong Penyerapan Karet Alam Melalui Pembangunan Industri Retread Ban Pesawat

Ban pesawat ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting karena meyangkut keselamatan penumpang, spesifikasi standar teknis ban pesawat baik baru maupun vulkanisir, waktu penggunaan ban pesawat yang tepat berdasarkan rentang waktu setiap pergantian ban, serta pengujian dan inspeksi sebagai tindakan preventive maintenance memegang peranan  sangat penting dalam keselamatan penerbangan, kata Deputi Bidang TIEM BPPT Eniya Listiani Dewi di acara Focus Group Discussion Pengembangan Sarana dan Prasarana Menunjang Industri Dirgantara Indonesia, di BSD, Tangerang Selatan (27/11).

 

 

Dikatakan Eniya, BPPT ingin mendorong pemanfaatan retread ban pesawat dan pengembangan industrinya, selama ini pasokan ban vulkanisir di Asia berasal dari Goodyear, Goodrich, Bridgestone, Michelin dan pabrik ban vulkanisir tersebut berada di Hongkong dan Thailand.      

 

Untuk saat ini kebutuhan ban pesawat di Indonesia untuk jenis Boeing saja menurut Eniya diperkirakan bisa mencapai sekitar 40.000 unit per tahun. Dalam melakukan retread ban pesawat jumlah karet alam yang digunakan sekitar 90 %, dan sisanya menggunakan bahan karet sintetis dan bahan aditif. Sehingga jika industri retread ban pesawat telah berdiri di Indonesia, maka akan mendorong terserapnya karet alam, upaya ini harus digalakan karena nilai ekonomisnya ada, jelas Eniya.    

 

Hal yang sama dikatakan Direktur Pusat Teknologi Material BPPT Mahendra Anggaravidya bahwa kebutuhan ban pesawat Boeing mencapai 40.000 unit pertahun untuk pabrikan yang lain sekitar 30.000 unit pertahun.

 

Untuk dijadikan sebagai bahan ban pesawat memang ada standar tertentu untuk karet yang bisa dipakai, kedepan jika penyerapan karet alam ini berjalan tentunya ekonomi petani karet di Indonesia akan meningkat, jelas Mahendra. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id