• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hemat Energi, BPPT Hadirkan Jaringan Listrik Pintar

Sistem smart grid merupakan salah satu solusi untuk meringankan masalah yang dihadapi oleh jaringan listrik saat ini. Sistem smart grid adalah bentuk jaringan listrik cerdas yang memanfaatkan teknologi digital. Memberikan listrik dari pemasok ke konsumen menggunakan komunikasi digital dua arah untuk mengontrol beberapa sumber pembangkit dan beban konsumen, untuk menghemat energi, mengurangi biaya serta meningkatkan kehandalan.

 

 

Ide komunikasi dua arah dari pemasok ke konsumen untuk mengontrol peralatan bukanlah hal yang baru. Sistem ini telah diimplementasikan menggunakan teknologi analog selama bertahuntahun. Dengan penerapan smart grid, beberapa negara dapat mengelola kenaikan biaya listrik jangka panjang. 

 

Di Indonesia pengembangan smart grid dimulai pada tahun 2010 di Sumba oleh B2TKE BPPT. Kepala B2TKE BPPT Andhika Prastawa saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan, saat ini smart grid di Indonesia masih dalam tahap pengembangan, sehingga secara komersial belum bermitra secara tetap, tetapi dalam rangka penerapan untuk pengkajian pemanfaatannya, B2TKE BPPT bermitra dengan PT PLN (daerah Sumba Barat Daya) dan juga menjajaki kerja sama dengan beberapa BUMN ( PT. INTI, PT. LEN ) , serta Kyudenko corporation dari Jepang. (14/03)

 

Menurut Andika, manfaat smart grid adalah mengintergrasikan energi terbarukan khususnya matahari dan angin yang sifatnya fluktuatif kedalam suatu sistem pembangkit listrik tanpa mengganggu sistem kelistrikan itu sendiri agar output dapat stabil sehingga energi yang dihasilkan lebih efektif.

 

Secara makro target energi terbarukan nasional 23% ditahun 2025 dan pada saat ini belum mencapai 10%. Penggunaan dari smart grid ini bisa meningkatkan jumlah energi terbarukan yang digunakan untuk kelistrikan. 

 

Diharapkan dengan diterapkannya smart grid ini secara menyeluruh atau nasional khususnya oleh PLN dapat meningkatkan pangsa dari energi terbarukan, Dengan menggunkan sistem smart grid ini memungkinkan pelanggan mengetahui bagaimana pola penggunaan listrik baik digedung atau dirumah, dan pola smart grid ini dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas dan dapat bermanfaat bagi pembangunan kelistrikan di Indonesia, tutup Andika. (Humas/HMP)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT