• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT - PT PJB Teken Kerjasama, Dorong Penyediaan Energi Listrik Nasional

Masing-masing PLTU menghadapi tantangan tersendiri, khususnya dalam hal penyediaan bahan bakar, menjaga konsistensi kinerja pembangkit, dan isu lingkungan. Ketergantungan terhadap bahan bakar minyak dan gas dalam pengoperasian pembangkit juga menjadi permasalahan tersendiri, kata Kepala BPPT Unggul Priyanto pada acara Penandatanganan MoU antara BPPT dengan PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) tentang Pengkajian dan Penerapan Teknologi dalam Rangka Mendukung Kegiatan Pengembangan Teknologi di PT Pembangkit Jawa-Bali, di Jakarta (09/03).

 

 

Dikatakan Unggul, kerjasama ini ditujukan untuk memberi solusi khususnya kepada pihak PJB untuk mengurangi biaya bahan bakar pada pengoperasian PLTU.

 

BPPT secara konsisten mengembangkan kapasitas dan kapabilitas laboratorium pembangkit listrik tenaga surya. Menurut Unggul, kami memandang surya sebagai salah satu sumberdaya yang penting dan kompetitif.

 

Sementara Direktur Utama PT Pembangkit Jawa-Bali Iwan Agung Firstantara mengatakan, MoU ini sangat kita butuhkan didalam menerapkan teknologi-teknologi seperti didalam gas turbin yang sebagian besar berbahan bakar gas. Mungkin ada bahan bakar lain yang lebih murah dari gas akan kita coba, hasil penelitian dari BPPT mungkin bisa diterapkan, jelas Iwan.

 

Ke depan, dengan teknologi yang akan datang, kita akan membangun floating PV di atas danau. Teknologi yang ada dan baru bagi kami tentu perlu ada kajian-kajian dan studi kelayakan, diharapkan bisa kita kerjasamakan, tutup Iwan. (Humas/HMP)   


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT