• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Forum Inovasi Integrasi TIEM: Luncurkan Government Cloud Simral, Jaga Akuntabilitas Dana Desa

 

Deputi Teknologi, Informasi, Energi dan Material (TIEM) BPPT siap menggelar Forum Inovasi Integrasi TIEM 2017 berlangsung di BPPT, Jakarta, Selasa (21/11/2017).


"Kegiatan forum inovasi integrasi TIEM 2017 ini untuk peningkatan daya saing industri nasional dan bertujuan untuk memberikan pandangan, inovasi dan solusi teknologi pada bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material kepada pemangku kepentingan dan masyarakat," kata Deputi TIEM BPPT, Hammam Riza saat gelaran pra-acara kepada awak media di Kantor BPPT, Jakarta, Senin (20/11/2017).


Dituturkan oleh Hammam bahwa beragam inovasi akan diluncurkan dalam Forum Inovasi TIEM 2017, salah satunya adalah inovasi itu adalah government cloud simral untuk memastikan dana desa tidak dikorupsi.

“Dalam acara Forum Inovasi TIEM besok Selasa (21/11) akan diluncurkan government cloud simral (e-budgeting), outlook energi Indonesia 2017 dan demo layanan tracking order,” ungkapnya.

Hammam menjelaskan, government cloud simral merupakan aplikasi sistem teknologi informasi berbasis cloud (komputasi awan) yang mengintegrasikan data perencanaan, penganggaran, pengelolaan keuangan dan kinerja serta pelaporan pertangungjawaban hasil pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan.

"Kami berharap Simral bisa dimanfaatkan sampai tingkat desa. Bisa jadi alat anti korupsi, sebab dana desa itu mencapai Rp 70 triliun. Hal ini untuk mewujudkan tata kelola dana desa yang lebih baik. Rencananya dalam peluncuran aplikasi sistem teknologi informasi ini, akan dihadiri pula oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," jelasnya.

Sementara itu, kata Hammam, tracking order merupakan fasilitas layanan pelanggan berbasis web melalui single portal layanan teknologi BPPT. Terkait outlook energi Indonesia 2017, akan mengambil tema insiatif pengembangan teknologi energi bersih.

"Pemanfaatan energi bersih dapat menghemat penggunaan energi fosil, menurunkan emisi gas rumah kaca, menurunkan rasio impor energi dan meningkatkan indeks energi bersih," ucap Hammam.

Acara yang akan berlangsung esok Selasa (21/11/2017) ini dijelaskan Hammam, merupakan wujud eksistensi TIEM BPPT yang telah menghasilkan produk-produk inovasi dan layanan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hammam juga mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan mencari tahu lebih jauh tentang inovasi dan kiprahnya pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Sebagai informasi, pada Forum Inovasi TIEM juga akan dilakukan peluncuran (Launching): Government Cloud Simral (e-Budgeting) dan Outlook Energi Indonesia 2017 "Inisiatif Pengembangan Teknologi Energi Bersih" serta Tracking Order "Demo Layanan Tracking Order. Government Cloud Simral merupakan aplikasi sistem teknologi informasi berbasis cloud yang mengintegrasikan data perencanaan, penganggaran, pengelolaan keuangan dan kinerja serta pelaporan pertanggungjawaban hasil pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Untuk peluncuran Government Cloud Simral ini akan diresmikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia," ungkap Hammam. (Humas/HMP)

 

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT