Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas, BPPT – PT. Perkebunan Nusantara V Lakukan Kerjasama

Permasalahan energi dan juga lingkungan selalu menjadi perhatian publik. Keduanya praktis tidak bisa dipisahkan, karena pemanfaatan energi hampir pasti selalu melibatkan persoalan atau dampak terhadap lingkungan. Karenanya, upaya-upaya dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan menjadi penting ketika aktifitas pemanfaatan energi berlangsung di setiap tempat.

 

Sumber energi berbasis sawit  bisa menjadi pilihan strategis di Indonesia, karena Indonesia saat ini merupakan produsen Crude Palm Oil (CPO) terbesar di dunia, yaitu sekitar 32 juta ton per tahun. Namun produksi CPO ini juga pasti diikuti dengan produksi limbah.

 

Terkait dengan hal tersebut BPPT dan PT Perkebunan Nusantara V melakukan penandatanganan MoU tentang Pengkajian dan Penerapan Teknologi POME (Palm Oil Mill Effluent) untuk Pembangkit Listrik Biogas di BPPT. (31/10)

 

 

Dalam sambutannya Unggul mengatakan kemitraan yang dibangun bersama PTPN V ini sangat tepat, dan perlu dilaksanakan dengan langkah-langkah nyata. Untuk tim teknis BPPT, Unggul berharap agar segera melakukan akselerasi kegiatan ini sehingga segera memberikan manfaat yang maksimal.

 

BPPT menurut Unggul, menaruh perhatian besar dalam pengembangan teknologi biomassa baik yang berupa tanaman budidaya maupun limbahnya. Beberapa produk inovasi karya BPPT yang terkait dengan pemanfaatan biomassa berbasis sawit ini diantaranya adalah biodiesel dan PPO (Pure Plant Oil) yang memanfaatkan produk pabrik kelapa sawit yaitu CPO.

 

Pemanfaaatan POME ini sangat menarik, karena disamping potensinya besar dan tersebar luas terutama di wilayah Sumatera dan Kalimantan, limbah POME ini sebelum dibuang ke lingkungan dapat dimanfaatkan dulu menjadi listrik. Bahan baku POME pun juga bisa dikatakan dapat diperoleh dengan gratis, papar Unggul

 

Dikesempatan yang sama Direktur Utama PTPN 5, Berlino Mahendra Santosa  berharap kerjasama ini bisa terus dikembangkan untuk memverifikasi kelayakan model bisnis dalam rangka memberikan kontribusi terhadap penyediaan energi alternatif,  “pengurangan pencemaran lingkungan dan sekaligus meningkatkan kemampuan inovasi teknologi pemanfaatan limbah biomassa menjadi energi di Indonesia”, tutup Berlino. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id