Print

KEMBANGKAN LISTRIK CERDAS, IBM INDONESIA DAN BPPT SEPAKAT KERJASAMA

Bekerjasama dengan pemerintah secara proaktif, menjadi salah satu target  PT IBM Indonesia ditahun 2015 ini. Hal tersebut dikatakan Gunawan Susanto, Presiden Direktur PT IBM Indonesia, sesaat sebelum melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BPPT, Selasa (10/3) di Intercontinental Midplaza Hotel, Jakarta.

 

Transformasi industri kearah pengembangan data, menurutnya sangat membutuhkan campur tangan pemerintah, khususnya dari segi keamanan. "Masalah keamanan data merupakan hal yang sangat serius bagi pelaku usaha. Karenanya, IBM Indonesia ingin secara proaktif bekerjasama dengan pemerintah dalam memberikan pandangan terkait hal tersebut. Bukan hanya menunggu diminta", tegas Gunawan.

 

Terkait kerjasama tentang Smart Electricity Microgrid Development and Application dengan BPPT, menurut Gunawan merupakan salah satu bentuk komitmen IBM Indonesia dalam memajukan teknologi di Indonesia. 

 

"Kita ingin selalu membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada publik. Dalam kerjasama ini misalnya, lab IBM di India telah melakukan penelitian teknologi listrik cerdas. Untuk itu kami bergabung dengan BPPT untuk penerapannya di Indonesia", ungkapnya.

 

Kerjasama BPPT dengan PT IBM Indonesia dalam pengembangan teknologi microgrid listrik cerdas, menurut Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan, adalah langkah yang tepat, karena untuk mengembangkan teknologi tidak bisa dilakukan secara sendiri.

 

"Kita sering terlena dengan kekayaan energi yang dimiliki bumi Indonesia. Padahal sumber energi tersebut tidak bertahan selamanya. Kita perlu segera memanfaatkan sumber energi terbarukan. Saya bangga dengan keinginan IBM untuk memajukan Indonesia. BPPT menyambut baik kerjasama ini", terang Soni. (humas)