• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Guna Pengamanan Dokumen Digital, BPPT Gelar Sosialisasi Sertifikasi Elektronik

Jakarta, 17 Desember 2018.  Setelah mengantongi status terdaftar, iOTENTIK BPPT siap memberikan pelayanan sertifikasi elektronik kepada instansi pemerintah sebagai penerapan dari UU ITE, PP Nomor 82 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2018. Sertifikasi elektronik dapat digunakan dalam pengamanan transaksi untuk menjamin keaslian pengiriman dan penerima dokumen elektronik, keutuhan dokumen serta kerahasiaan dokumen.

  

 

iOTENTIK BPPT merupakan sebuah badan hukum yang berfungsi sebagai pihak yang menandatangani, menerbitkan dan memelihara sertifikat elektronik bagi sistem elektronik pemerintahan. Layanan manajemen sertifikasi elektronik di BPPT berada di bawah pengelolaan Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT.

 

Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT Michael Andreas Purwoadi mewakili Deputi Bidang TIEM BPPT pada acara Sosialisasi Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik mengatakan, sertifikat elektronik digunakan pada dokumen-dokumen elektronik seperti dari internet.

 

Michael menyebut, ada tiga hal kegunaan sertifikat elektronik terhadap file elektronik. Pertama adalah untuk memastikan keutuhan dokumen. Kedua, memastikan otentisitas suatu dokumen. Ketiga, memastikan bahwa dokumen itu dikirim oleh orang yang benar. Tiga fungsi itu yang penting dikehidupan kita sekarang yang serba elektronik, jelas Michael.

 

Sementara Kepala Balai BJIK Raden Muhammad Taufik Yuniantoro menyampaikan bahwa BJIK BPPT adalah penyelenggara sertifikasi elektronik terdaftar pemerintah yang pertama.

 

Dikatakannya, BJIK BPPT juga sudah melakukan perjanjian kerjasama tentang pemanfaatan sertifikat digital dengan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Semoga nanti sertifikat elektronik ini bisa dimanfaatkan oleh lembaga pemerintah yang lain yang memerlukan adanya pengamanan dokumen digital, tutup Taufik

 

Sebagai informasi, tim iOTENTIK BPPT juga mendemokan pemanfaatan sertifikat elektronik dengan melakukan tanda tangan dokumen elektronik secara online. Tanda tangan elektronik beserta timestamp dapat di lekatkan pada dokumen maupun transaksi elektronik yang didukung oleh keotentikan data pribadi yang telah diregistrasi dan diverifikasi. Hadir juga pada acara tersebut naras sumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta para calon pengguna dan calon mitra. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT