• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tingkatkan Penguasaan Bioteknologi Industri Dan Obat Herbal BPPT Lakukan Kerjasama Dengan Zhejiang University-China

Dalam rangka meningkatkan penguasaan bioteknologi dan mendukung pengembangan obat herbal dan produk biotek (biopestisida dan enzim) di Indonesia, maka BPPT telah menjalin kerjasama dengan Zhejiang University (ZJU) serta melibatkan beberapa industri China terkait.

 

Kerjasama ini diwujudkan dengan dilakukannya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Science and Technology Partnership for Sustainable Innovation dan perjanjian kerjasama (Implementing Agreement) tentang Joint Research and Technology Transfer for Herbal Medicines, Biopesticide and Enzyme Development.

 

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Deputi TAB yang bertindak mewakili Kepala BPPT, Soni Solistia Wirawan dan Lianzhen He (Vice President of ZJU) pada 23 April 2019 di Zhejiang University, Hangzhou, China. Dalam sambutannya, Lianzhen He menyampaikan apresiasinya kepada BPPT atas terwujudnya kerjasama Joint Lab on Biotechnology yang telah dirintis sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan Soni Solistia Wirawan mengharapkan agar kerjasama ini bisa didorong ke arah hilir untuk menghasilkan output yang bisa dikonversi menjadi produk komersial dengan melibatkan mitra industri dari kedua pihak, China dan Indonesia.

 

Pelaksanaan joint research akan difokuskan pada pengembangan produk biopestisida untuk aplikasi di tanaman kelapa sawit dan pengembangan teknologi formulasi sistem pelepasan obat (drug delivery system) Curcumin sebagai agen hepatprotector dan pengembangan teknologi produksi ekstrak terstandar Dragon blood (tanaman sejenis rotan).

 

Sedangkan untuk pengembangan produk enzim difokuskan pada transfer teknologi produksi enzim Phytase untuk aplikasi di industri pakan. Disamping itu, pelaksanaan kerjasama ini juga melibatkan mitra industri dari China antara lain Zhejiang Conba Pharmaceutical Co. Ltd. dan Qingdao Vland Biotech Group Co. Ltd.

 

Selama di China, Tim BPPT juga berkesempatan untuk berkunjung ke Conba Pharmaceutical Co. Ltd. dan berdiskusi terkait pengembangan obat herbal. Sedangkan kunjungan ke Qingdao Vland Biotech juga dilakukan untuk melihat dari dekat proses produksi enzim skala industri. Turut hadir mendampingi Deputi TAB, Asep Riswoko (Direktur Pusat Teknologi Bioindustri), Agung Eru Wibowo (Plt. Pusat Teknologi Farmasi dan Medika/Ka. Balai Bioteknologi), Edi Wahjono (PIC Joint Lab on Biotechnology), Sri Ningsih (Kepala Program Inovasi Teknologi Obat Herbal Terstandar) dan Novandi Arisoni (Kepala Bagian Kerjasama).


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT