Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Bangun Kawasan Agrobiotek Cilubang, Kawasan Penelitian Dengan Konsep Wisata

Bogor – BPPT.GO.ID, Deputi bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Soni S. Wirawan meletakkan batu pertama dalam Acara Groundbreaking Kawasan Agrobiotek Cilubang, Bogor (07/09). Peletakkan batu pertama juga turut dihadiri jajaran pejabat dari BPPT, Direktur Utama PT Mitra Mandala Semseta Pusaka selaku pengembang, Lurah Balumbang Jaya, serta perwakilan dari masyarakat.

 

“Dengan adanya acara groundbreaking ini, diharapkan mampu menumbuhkan semangat bagi kami (BPPT) untuk membangun kawasan ini. Karena nantinya tidak hanya sebagai tempat penelitian saja bagi perekayasa BPPT, tapi bisa berfungsi sebagai kawasan agrowisata bagi masyarakat umum,” jelas Soni kepada masyarakat yang turut hadir.

 

Deputi TAB BPPT menyebutkan kawasan seluas 1.7 Hektare ini akan menjadi etalase produk inovasi tiap unit kerja se-TAB BPPT, seperti:

·         Balai Bioteknologi akan mengisi area kebun buah dan kebun tanaman anggrek, dengan menampilkan tanaman yang ditumbuhkembangkan menggunakan teknologi perbanyakan benih ex-vitro.

·         Pusat Teknologi Farmasi dan Medika (PTFM) akan menampilkan koleksi tanaman herbal mereka di area tanaman obat terbuka. Sebagai informasi teknologi kultur jaringan jahe merah BPPT bahkan telah digunakan PT Kalbe untuk memenuhi bahan baku jamu Bintang Toedjo Masuk Angin.

·         Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) bertanggung jawab dalam budidaya sagu, yang kelak akan diolah menjadi beras, mie bahkan pasta. Budidaya ini ditujukan untuk mengurangi konsumsi beras masyarakat Indonesia yang mencapai 120 Kg per tahun tiap jiwanya.

·         Balai Besar Teknologi Pati (B2TP) yang berlokasi di Lampung akan memboyong teknologi pengolahan beras berbahan dasar jagung dan singkong.

·         Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP) akan diberikan empat kolam untuk budidaya Ikan Nila Salina. Ikan ini telah teruji mampu dikembangkan di air laut, bahkan rasanya seperti kakap.

·         Pusat Teknologi Bioindustri (PTB) nantinya akan memberikan pupuk hayati dan enzym perangsang pertumbuhan untuk semua tanaman yang ada di Kawasan Agrobiotek Cilubang.

 

“Kawasan penelitian ini nantinya memiliki konsep wisata alam, dan terbuka bagi publik pada waktu tertentu. Kami juga melengkapi dengan fasilitas jogging track, gazebo untuk bersantai dan diskusi, serta fasilitas umum pendukung lainya,” terang Soni.

 

 

Lebih lanjut, Soni menambahkan, Cilubang dipilih untuk pengembangan kawasan agrobiotek karena lahannya tidak terlalu besar dan kawasannya sudah terbentuk, sudah dikelilingi pemukiman warga.

 

“Pesan saya, para pekerja dan pegawai dari BPPT untuk tetap bersinergi dengan warga sekitar. Mudah-mudahan nanti Kawasan Agrobiotek Cilubang akan lebih banyak memberi manfaat dibandingkan mudharat (saat ini masih didominasi lahan kosong –red),” harapnya.

 

Animo Masyarakat Cilubang

 

Turut hadir dalam peletakan batu pertama Lurah Balumbang Jaya, Agus Suwondo. Dirinya mengucapkan selamat datang kepada BPPT yang sebentar lagi akan menjadi bagian keluarga besar Balumbang Jaya.

 

“Saya senang sekali ketika diberi tahu bahwa tanah yang seluas ini akan dimanfaatkan sebagai kawasan Agrobiotek oleh BPPT. Karena apabila terus dibiarkan tidak dirawat, takutnya akan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab” ujarnya.

 

Ia turut mendoakan pembangunan Kawasan Agrobiotek Cilubang dapat berjalan lancar, sesuai dengan yang diprogramkan BPPT.

 

“Semoga kawasan ini dapat membawa dampak yang postif bagi warga sekitar, dan mampu menjadi tempat untuk mempererat silaturahmi warga di sekitar Kawasan Agrobiotek Cilubang,” tutup Agus.

 

Senada dengan Lurah Balumbang Jaya, Syahrowi selaku perwakilan masyarakat Pakuan Regency mengatakan ini merupakan starting point yang baik untuk menghidupkan dan memperindah kawasan Cilubang.

 

“Semoga pembangunan dapat dipercepat, karena masyarakat sudah menanti. Bahkan masyarakat sudah mulai menggunakan kawasan ini untuk olahraga pagi. Kedepannya kawasan ini pasti akan dimanfaatkan warga untuk kegiatan yang lebih bermanfaat lagi” ujarnya antusias.

 

Direktur Utama PT Mitra Mandala Semseta Pusaka Tjan Budi Santoso selaku mitra pengembang dari BPPT menyambut baik animo masyarakat untuk segera terwujudnya Kawasan Agrobiotek Cilubang.

 

“Pembangunan tahun ini akan difokuskan pada perataan dan persiapan lahan, perbaikan gedung serba guna, jogging track, dan pembuatan kolam iklan,” rincinya.

 

Dirinya berharap dengan niat baik dari BPPT dan tim, serta sinergi yang baik dengan PT Mitra Mandala pembangunan dapat berjalan lancar dan sesuai target. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id