Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Tingkatkan Produktivitas, BPPT Beri Sentuhan Teknologi Kepada Petani Di Kabupaten Lumajang

Bagi sebagian kalangan, nama jati solomon mungkin masih terdengar asing selama ini masyarakat lebih akrab dengan penggunaan istilah kayu jati saja tanpa ada jenis jati lainnya. Pada dasarnya tidak semua orang mengenal varian dari pohon jati yang memang cukup beragam jenisnya. Nama Solomon sendiri diambil dari tempat asal varietas pohon jati ini yang memang banyak dikembangkan dikawasan Kepulauan Solomon. Kepulauan Solomon adalah sebuah negara kecil yang letaknya di bagian timur Papua Nugini.

 

Karakteristik dari jenis jati ini sedikit berbeda dari jenis jati yang banyak dikenal pada umumnya. Dimana jati solomon memiliki bentuk daun yang tidak terlalu lebar, namun lebih tebal dan kuat jika dibandingkan dengan jenis jati lainnya. Keistimewaan lain dari pohon jati solomon ini adalah kontur dari batang pohonnya yang lebih baik. Dimana batang pohon jati jenis solomon ini mampu tumbuh lurus ke atas dan tidak menimbulkan banyak cabang. Sehingga batang pohon jati jenis ini akan lebih mudah untuk digunakan sebagai bahan baku berbagai macam produk.

 

Penyediaan benih pohon jati yang berkualitas dalam jumlah yang cukup menjadi faktor utama yang perlu mendapat perhatian serius. Terkait hal tersebut BPPT melalui Balai Bioteknologi bersama Komisi VII DPR RI mengadakan Diseminasi Pelatihan Teknologi Perbanyakan Tanaman Jati Secara Ex-Vitro di Desa Dawuhan, Kecamatan Rorokangkung, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur  (14/18).

 

Kegiatan ini dilakukan dengan melihat kondisi Desa Dawuhan Wetan yang mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah petani dan buruh tani serta cocoknya lahan untuk kegiatan penanaman Jati Solomon.

 

Ex Vitro adalah suatu proses perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan menggunakan bagian tanaman (eksplan) yang mempunyai fase pertumbuhan cepat, diikuti dengan pemberian stimulasi pertumbuhan. Proses perbanyakan dengan pemotongan dilakukan dalam kondisi aseptis di luar laboratorium.

 

Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo menyampaikan, BPPT dengan dukungan Komisi VII DPR RI terus berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan layanan teknologi kepada masyarakat.

 

Dikatakan Agung, salah satunya melalui  kegiatan diseminasi teknologi diharapkan inovasi teknologi hasil pengembangan perekayasa Balai Bioteknologi BPPT dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh petani di Desa Dawuhan dan dapat mendorong tumbuh dan meningkatnya produktivitas menuju petani sejahtera.

 

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI  Bambang Haryadi, berharap BPPT bisa memberikan wawasan yang lebih luas terhadap warga Kabupaten Lumajang serta dapat meningkatkan taraf  perekonomian warga Kabupaten Lumajang khususnya Desa Dawuhan Wetan.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 100 petani yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Dawuhan  Husin serta Muspika setempat. Di kesempatan tersebut, BPPT juga memberikan pelatihan teknis materi dan praktek. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id