Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Tingkatkan Pemanfaatan Sumberdaya Bioresources, BPPT-JICA Gelar Joint Coordinating Committee Meeting

Program ini memiliki beberapa kegiatan, terutama pengembangan kapasitas untuk mencari dan mengembangkan kandidat obat anti malaria dan anti amoeba. Bagi kami, program ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis peneliti Indonesia, terutama untuk penemuan obat, demikian kata Deputi Bidang TAB BPPT Eniya Listiani Dewi pada acara Joint Coordinating Committee Meeting on The Project for Searching Lead Compounds of Anti-Malarial and Anti-Amebic Agents by Utilizing Diversity of Indonesia Bio-resources, di BPPT (31/1).

 

 

Dikatakan Eniya, program ini dapat meningkatkan pemanfaatan sumber daya Bio Indonesia serta berkontribusi untuk mendukung pengembangan bahan baku obat.

 

Selama 3 tahun ini kata Eniya, BPPT bersama JICA dan semua mitra dalam proyek ini telah bekerja sama dalam memperkaya koleksi mikroba yang dikelola oleh BPPT, meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi ekstrak hayati, menetapkan metode skrining ekstrak untuk anti malaria dan anti amoeba serta pemurnian senyawa aktif.

 

Melalui proyek SATREPS yang sekarang memasuki tahun keempat kami telah mengisolasi beberapa senyawa aktif dari sumber daya hayati Indonesia untuk kandidat anti-malaria dan anti-amoeba, jelas Eniya.

 

Pada penelitian kolaboratif proyek SATREPS ini Eniya berharap akan terbit makalah ilmiah yang lebih baik dan berkualitas dalam jurnal internasional terkemuka serta paten penelitian.

 

Sementara, Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo menyampaikan,  kegiatan ini bertujuan guna mendapatkan kandungan senyawa obat untuk anti malaria dan anti amoeba tentunya adalah senyawa obat.

 

Kemudian melakukan capacity building untuk meningkatkan kapasitas kemampuan institusi Indonesia untuk mengembangkan obat dalam bentuk pelatihan-pelatihan serta pendampingan penelitian.

 

Diharapkan di tahun 2018 dan 2019 uji animal model sudah terlaksana sehingga diakhir tahun 2019 kandidat obat sudah bisa didapatkan. Selain obat, kemampuan sumber daya manusia juga ter upgrade serta publikasi internasional, tutup Heru.

 

Acara tersebut juga dihadiri Senior Representative JICA Indonesia Shunsuke Takatoi, Chief Advisor Tomoyoshi Nozaki, Direktur Institut Penyakit Tropis Universitas Airlangga Maria Inge Lusida serta dari mitra kerja BPPT. (Humas/HMP)     

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id