Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Latih Petani Desa Tambak Oso, Sidoarjo Perbanyakan Benih Jambu Kristal Secara ex Vitro

Menuju cita pemerintah dalam mendukung kemandirian dan peningkatan ekonomi petani,  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar kegiatan diseminasi teknologi dengan tema perbanyakan benih tanaman buah secara ex vitro di Desa Tambak Oso, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur  pada hari Selasa, (12/12/2017).

 

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPPT, Makmuri dalam sambutannya menyebut bahwa Desa Tambak Oso memiliki potensi untuk menjadi Kampung Hijau.

 

"Dengan kehadiran BPPT disini semoga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar," tuturnya.

 

Dalam kesempatan ini  Kepala Balai Bioteknologi Agung Eru Wibowo menyampaikan BPPT dengan dukungan Komisi VII DPR RI, terus berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan layanan teknologi untuk masyarakat.

 

"Salah satunya melalui diseminasi teknologi perbanyakan benih secara ex vitro untuk pembuatan benih tanaman yang cepat, murah dan mudah kepada petani di Sidoarjo," paparnya.

 

Benih tanaman jambu kristal  dan jeruk lemon diuraikan Agung dapat dilakukan perbanyakan dengan perbanyakan vegetative untuk mempertahankan sifat aslinya, salah satunya dengan perbanyakan ex vitro. 

 

"Teknologi perbanyakan benih tanaman secara ex vitro merupakan proses perbanyakan dengan menggunakan bagian tanaman (eksplan) yang mempunyai fase pertumbuhan cepat, di ikuti dengan pemberian stimulasi pertumbuhan, proses perbanyakan dengan pemotongan, yang dilakukan dalam kondisi aseptis di luar laboratorium," jelasnya.

 

Teknik ini lanjutnya merupakan mesin foto copy untuk mendapatkan benih tanaman yang mempunyai sifat sama dengan induknya. Kelebihan teknologi ini adalah mudah, murah dan bisa dilakukan di lokasi dekat tempat budidaya. 

 

"Melalui kegiatan diseminasi teknologi ini, diharapkan inovasi teknologi perbanyakan benih secara ex vitro hasil pengembangan perekayasa Balai Bioteknologi BPPT dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh petani di Kecamatan Waru, Sidoarjo dan dapat mendorong  tumbuhnya  budidaya buah dalam pot, kebun ataupun lahan di Desa Tambak Oso serta dapat mendorong tumbuhnya sentra hortikultura di Sidoarjo," ujarnya.

 

Sementara Anggota Komisi VII DPR RI, Syaikhul Islam menekankan pentingnya diseminasi ini bagi masyarakat, khususnya di desa Tambak Oso. 

 

"Diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksmimal dan semoga teknik ini dapat diterapkan dengan baik sesuai potensi yang ada," pungkasnya

 

Sebagai informasi dalam diseminasi ini, para petani juga diberikan bantuan berupa benih tanaman buah jambu biji kristal dan jeruk lemon. Kegiatan ini diikuti oleh 130 petani setempat yang juga dihadiri oleh anggota komisi VII DPR RI Syaikhul Islam Lc, M.Sosio, yang merupakan komisi mitra kerja BPPT, sescam  serta tim Biotek BPPT. (Humas/BPPT)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id