Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Dorong Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian Kabupaten Bangka

Kabupaten Bangka, 4-12-2017. Deputi Bidang TAB BPPT Eniya Listiani Dewi menyambut baik upaya Kabupaten Bangka untuk meningkatkan sektor pertanian sebagai penyumbang ekonomi terbesar yakni sekitar 30 persen katanya pada acara Lokakarya Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dengan tema Melalui Pembangunan Pertanian Berkelanjutan, Kita Tingkatkan Daya Saing Produk Pertanian di Kabupaten Bangka.

 

Dikatakan Eniya, beberapa teknologi BPPT yang dapat mendukung sektor pertanian Bangka diantaranya teknologi perbanyakan benih lada secara ex vitro, kemudian benih ikan nila gesit untuk SISKASI (Sistem Integrasi Sapi Sawit Ikan).

 

Kemudian teknologi yang lain yakni, Pakan Probiotik Sapi yang menjaga kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan sapi serta sistem integrasi penggembalaan sapi sehingga posisi dan pemberian pakan sapi dapat lebih terdeteksi dan teratur, papar Eniya.

 

Berkaca dari kisah sukses talas Satoimo di Kabupaten Bantaeng yang dapat menembus pasar Jepang, menurut Eniya saat ini lada Bangka sudah mempunyai kerjasama dengan Turki namun ekspor yang dilakukan masih belum maksimal.

 

Melihat situasi tersebut, Eniya mengungkapkan siap memberikan bantuan teknologi mulai dari persiapan benih hingga panen.

 

Kabupaten Bangka harus fokus kepada paska panen dan cara mengkemasnya, kemudian mendapatkan sertifikasi, karena ini merupakan tahapan penting dalam nilai jual, jelas Eniya.

 

Sementara, Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo  mengatakan inovasi itu seharusnya lebih baik, cepat dan efesien. Hal itulah yang dilakukan perekayasa BPPT di Balai Bioteknologi yang mampu menghasilkan teknologi ex-vitro atau bahasa mudahnya mesin fotocopy tanaman. 

 

Dengan teknologi ex-vitro BPPT ini menurut Agung, perbanyakan bibit premium lada di Kabupaten Bangka dapat lebih cepat, hasilnya identik dengan indukan dan yang penting adalah mudah diterapkan di masyarakat.

 

Di kesempatan yang sama Bupati Bangka, Tarmizi menyampaikan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo mengenai alokasi dana daerah. Presiden memandatkan setiap daerah paling banyak hanya mempunyai tiga program saja, kata Bupati Tarmizi.

 

Dengan arahan Presiden tersebut, Bupati Tarmizi mengingatkan kembali setiap SKPD nya mengenai komitmen Kabupaten Bangka saat ini dan pemerintahan selanjutnya adalah pertanian.

 

Guna meningkatkannya, kita tidak dapat bergerak sendiri-sendiri. Kita butuh industri dan juga teknologi untuk meningkatkan produktifitas dan nilai jualnya, tutup Bupati Tarmizi.

 

Hadir juga pada acara tersebut, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Pertanian / Penanggung Jawab UPSUS Padi dan Jagung Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Bangka Belitung Tri Lestari. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id