Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Beri Sentuhan Teknologi Untuk Pembudidaya Ikan Di Kabupaten Jember

Jember, Jawa Timur 9 September 2017, telah dilaksanakan Diseminasi Teknologi Budidaya Ikan nila dan lele dengan sistem Biofloc. Sekitar 200 orang pembudidaya ikan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Jember hadir pada acara yang di gelar BPPT bersama Anggota DPR-RI Komisi VII Bambang Haryadi tersebut. Guna memenuhi ketersediaan pangan protein hewani nasional, BPPT telah mengembangkan ikan nila unggul GESIT untuk menghasilkan benih ikan nila monoseks jantan. Ikan nila SALINA juga dikembangkan untuk mengantisipasi terjadinya pemanasan global yang menyebabkan meningkatnya lahan tambak bersalinitas tinggi akibat naiknya permukaan air laut di wilayah pesisir. 

 

 

Menurut Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT Arief Arianto, kelebihan ikan nila pada tahap pertama yang kita kembangkan adalah ikan nila yang bertelur menghasilkan jantan. Kami juga mengembangkan ikan nila SALINA, kelebihannya bisa di budidayakan di tambak-tambak di tepi pantai, jelas Arief.

 

Dengansemakin terbatasnya ketersediaan lahandan air untuk budidaya perikanan terutama di daerah perkotaan, maka telah berkembang teknologi budidaya sistem Biofloc.Teknologi bio-floc menurut Arief yakni teknologi yang memanfaatkan aktivitas mikroorganisme yang membentuk flok. Teknologi bio-floc umumnya banyak diaplikasikan di sistem pengolahan air limbah industri dan sudah mulai diterapkan di sistem pengolahan air media akuakultur.  

 

Diseminasi teknologi budidaya ikan Nila dan Lelepada kolam terpal dengan sistem teknologi bioflocselain untuk memenuhi penyediaan pangan protein hewani, juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik di daerah pedesaan dan perkotaan.

 

Dikesempatan yang sama Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPPT Makmuri menyampaikan,  BPPT sebagai mitra Komisi VII DPR RI, kegiatan ini adalah salah satu bentuk pertangung jawaban kami kepada masyarakat, bagaimana masyarakat bisa menjadi salah satu tulang punggung pembangunan negara ini

 

Sementara, Anggota DPR-RI Komisi VII Bambang Haryadi berharap dengan adanya program program yang disampaikan ataupun teknologi disampaikan BPPT dapat membantu dan memberikan kekuatan kepada para petani ikan, serta meningkatkan produksi panen ikannya lebih maksimal lagi.

 

Karena selama ini perikanan adalah salah satu penunjang ekonomi masyarakat Jember selain perkebunan dan pertanian. Kita berharap Jember populer tidak hanya carnaval, tapi populer dengan kesejahteraannya, tutup Bambang. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id