Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PERAN PENTING ARSIPARIS DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Fungsi arsiparis itu diperlukan disetiap unit kerja. Oleh karena itu, diperlukan waktu dan kesabaran untuk mengubah mindset perihal pekerjaan arsiparis, ungkap Kepala Biro Umum dan Humas (BUH) BPPT, Hamir Hamzah saat membuka secara resmi Penciptaan Fungsional Arsiparis Tingkat Ahli di Lingkungan BPPT, (28/2).

Diklat tersebut, menurut Kepala BUH, merupakan yang pertama kali diselenggarakan di BPPT. Selama ini BPPT hanya mengirimkan pejabat fungsional arsiparisnya untuk mengikuti diklat dari instansi lain.

Setelah menyelesaikan Diklat Penciptaan Arsiparis, diharapkan para peserta akan lebih memahami apa saja yang menjadi beban tugasnya dalam melaksanakan pengelolaan kearsipan di unit kerjanya masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, lanjut Hamir.

Senada dengannya, Direktur Kearsipan Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik, mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengubah paradigma dan mindset kita bahwa pekerjaan kearsipan hanya besifat fisik yang artinya hanya pemindahan dokumen.

Sebenarnya, yang dilakukan arsiparis adalah mengolah informasi yang ada di arsip. Jadi, apapun yang terekam dalam media dapat di maintance dengan baik, itulah yang menjadi aset bagi BPPT, jelas Taufik.

Menurutnya, melalui kinerja arsiparis, dapat memberikan pencitraan organisasi BPPT di era globalisasi yang sangat bersentuhan dengan keterbukaan informasi publik. Sehingga mereka yang menjadi arsiparis, adalah mereka yang menjadi garda depan dan harus menjadi suatu kebanggaan, tegas Taufik.

Diklat Penciptaan Arsiparis tersebut dilaksanakan selama satu bulan di BPPT yang diikuti 19 peserta dari beberapa unit kerja di BPPT diantaranya dari Biro Umum dan Humas, Biro Keuangan, serta dari unit teknis seperti TIEM, TIRBR dan UPT Hujan Buatan. (KYRAS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id