Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

GUBERNUR JAMBI: BUTUH KAJIAN BPPT UNTUK DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI

Globalisasi menuntut kita untuk selalu siap menghadapi persaingan global. Pesatnya pertumbuhan teknologi menuntut kita untuk turut mengembangkan daerah dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini penting agar sumberdaya alam yang ada dapat dikelola dengan optimal.

Kurangnya kemampuan sumberdaya manusia di Provinsi Jambi untuk menghasilkan dan menerapkan suatu teknologi, menyebabkan potensi alam Jambi yang besar belum dapat dieksplorasi secara maksimal, ungkap Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara BPPT dengan Pemerintah Provinsi Jambi, Jumat (21/1).

Sampai saat ini, masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di Jambi. Pengelolaan sumberdaya energi terbarukan, infrastruktur transportasi, dan usaha kecil menengah yang masih belum bisa bersaing, masih menjadi hal yang perlu untuk ditingkatkan. "Diperlukan adanya satu kajian dari BPPT untuk pengembangan sektor-sektor tersebut agar mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Jambi," tegas Gubernur Jambi.

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala BPPT, Marzan A Iskandar mengatakan bahwa BPPT siap memberikan konsultansi teknologi sebagai solusi. "Ini adalah permasalahan competitiveness. Kompetensi daerah harus ditingkatkan, dan kami siap memberikan dukungan teknologi untuk Jambi," ujarnya.

Dalam penandatanganan kesepakatan bersama yang bertema Pengkajian Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi Untuk Mendukung Pembangunan Daerah Provinsi Jambi tersebut, disampaikan juga paparan mengenai permasalahan yang saat ini terjadi di Jambi.

"Diperlukan adanya SIDa untuk mengatasi permasalahan itu. Balitbangda dan Dewan Riset Daerah harus dimanfaatkan sebagai fasilitator untuk tumbuh dan berkembangnya inovasi baru di Jambi ini. Tentunya juga BPPT siap membantu untuk membenahi infrastruktur Provinsi Jambi," jelas Marzan.

"Semoga penandatanganan ini menjadi awal bagi pertumbuhan Provinsi Jambi ke depan, tutup Kepala BPPT.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Gubernur Jambi kepada BPPT terkait dukungan teknologi kepada Provinsi Jambi. Diharapkan kerjasama tersebut dapat menghasilkan inovasi baru yang bisa diterapkan di bidang informatika untuk pelayanan publik, pemanfaatan sumberdaya energi, sistem transportasi, pengembangan wilayah, agroindustri dan bioteknologi, pemanfaatan sumberdaya alam, serta pengembangan UMKM.

Kami berharap setelah penandatanganan ini, agar segera disusun agenda prioritas dan rencana tindak sehingga dapat segera diimplementasikan," tambah Hasan. (Sp/YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id