• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kembangkan Kompetensi, BPPT Gelar Pusat Pelatihan Bagi Calon Pegawai Tugas Belajar Angkatan IV

Dalam Undang-Undang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 Pasal 211 ayat (1) disebutkan bahwa  Pengembangan kompetensi dalam bentuk pendidikan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian PNS melalui pendidikan formal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, kata Kepala BPPT Hammam Riza saat pembukaan Pusat Pelatihan Bagi Calon Pegawai Tugas Belajar BPPT Angkatan IV, di Jakarta (09/06).

 

Lebih lanjut Hammam menyebut, persentase pegawai BPPT berpendidikan Magister dan Doktor masih perlu ditingkatkan secara signifikan melalui pemberian tugas belajar. Menjawab permasalahan tersebut, Pusbindiklat BPPT telah melakukan pendataan proyeksi pemberian tugas belajar dari seluruh unit kerja untuk tahun 2021 – 2024 melalui Pusat Pelatihan bagi calon pegawai tugas belajar yang terdiri dari pelatihan persiapan tes bahasa inggris (TOEFL-ITP), pelatihan persiapan tes potensi akademik, serta bimbingan persiapan seleksi beasiswa dan studi.

 

Dengan dukungan pelatihan ini, jumlah pendaftar beasiswa LPDP dan Saintek tahun 2021 ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Jumlah PNS BPPT yang mendaftar beasiswa Saintek sebut Hammam meningkat 40% dan beasiswa LPDP meningkat 100% dibandingkan seleksi periode sebelumnya.

 

Karenanya, Hammam mengajak untuk mendukung upaya Pusbindiklat ini melalui komitmen para kepala unit kerja dalam menugaskan pegawainya untuk mengikuti pusat pelatihan ini secara penuh dan sungguh-sungguh.

 

Seluruh peserta juga harus berkomitmen dan bersungguh-sungguh meningkatkan keterampilannya dan secara proaktif mengikuti seleksi yang diselenggarakan para penyedia beasiswa dan juga perguruan tinggi, jelasnya.

 

Hammam berharap penyelenggaraan Pusat Pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan tingkat keberhasilan pegawai BPPT dalam mengikuti seleksi beasiswa maupun seleksi masuk perguruan tinggi.

 

Sementara, Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) BPPT Aton Yulianto melaporkan, pelaksanaan pelatihan angkatan IV ini akan dibagi dua kelas yang dilaksanakan di dua tempat yaitu ruang kelas Pusbindiklat, di Gedung B.J. Habibie dan Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi, Puspiptek.

 

Adapun penyelenggaraan kali ini merupakan angkatan yang keempat, dengan jumlah peserta 40 orang, sehingga total PNS BPPT yang mengikuti pelatihan ini pada 2021 adalah 160 orang.

Guna mendukung suksesnya kegiatan ini, Aton mengharapkan dukungan dan komitmen Kepala BPPT beserta jajaran pimpinan BPPT, para kepala unit kerja dan seluruh peserta pelatihan agar tujuan kegiatan ini dapat tercapai.

 

Adapun kegiatan pusat pelatihan juga terselenggara melalui kerja sama antara Pusbindiklat BPPT dengan “inlingua” yang merupakan lembaga berpengalaman dalam bidang pendidikan dan persiapan studi, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT