• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kembangkan Potensi SDM Iptek, BPPT Gelar Pelatihan Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa Angkatan III

Guna memahami tugas pokok, fungsi jabatan fungsional teknisi litkayasa, pengembangan profesi dan pelaksanaan kegiatan penunjang teknisi penelitian dan kerekayasaan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusbibdiklat) kembali adakan pelatihan jabatan funsgional teknisi litkayasa Angkatan III secara daring (6/4).

 

Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan bahwa teknisi Litkayasa adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan perekayasaan pada instansi pemerintah.

 

BPPT sebagai instansi Pembina Teknisi Litkayasa menurut Hammam, akan melakukan revisi Permenpan Jabatan Fungsional Litkayasa untuk memenuhi aturan sesuai UU ASN No 5 thn 2014 yang sekaligus merujuk ke UU no 11 Tahun 2019 Sisnas IPTEK.

 

Saat ini telah dilakukan uji beban yang diikuti 11 instansi sebagai responden, Pejabat Fungsional Teknisi Litkayasa merupakan aktor kunci dalam kegiatan pengakajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan invensi dan inovasi yang menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, ujarnya.

 

Dengan adanya teknisi litkayasa diharapkan mampu mendukung kegiatan kerekayasaan kerjasama dengan para perekayasa, peneliti dan jabatan fungsional lainnya agar mampu menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Selain itu, pelatihan fungsional teknisi Litkayasa ini memegang peran penting dalam pengembangan kompetensi SDM Iptek yang merupakan bagian terintegrasi dari manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) secara keseluruhan, pungkasnya.

 

Sementara, Kepala Pusbindiklat BPPT Aton Yulianto mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan keahlian, sikap dan perilaku yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan teknisi penelitian dan kerekayasaan bagi PNS yang meniti karir pada jabatan fungsional teknisi litkayasa.

 

Adapun materi yang diberikan lanjut Aton diantaranya terdapat pembinaan karir jabatan fungsional Litkayasa, manajemen Litbangjirap, butir-butir kegiatan dan angka kreditnya, penyusunan teknik laporan, pedoman dan tata cara penyusunan dupak tentang inovasi teknologi serta keselamatan kerja.

 

Sebagai informasi peserta pelatihan secara daring ini sebanyak 46 orang yang terdiri dari Badan Litbang Pertanian, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit Salatiga Kementerian Kesehatan dan Disperindag Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Diharapkan dengan pelatihan ini untuk para teknisi litkayasa pertanian diharapkan mampu mendukung kegiatan kerekayasaan dan berkerja sama dengan para perekayasa, peneliti dan jabatan fungsional lainnya agar mampu menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, serta dapat proaktif melakukan pengembangan diri sehingga mampu menjadi pejabat fungsional teknisi litkayasa yang berkinerja unggul. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT