• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Cegah Pandemi, BPPT Hadirkan Mobile Lab BSL-2 Varian Trailer di Kota Bogor

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Kementerian Riset Teknologi/BRIN melakukan kegiatan Bakti Inovasi Teknologi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di kota Bogor. Dikesempatan tersebut juga dilakukan serah terima mobile laboratory Bio Safety Level dua (BSL-2) varian trailer oleh Menteri Riset Teknologi/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro kepada Walikota Bogor Bima Arya (11/01).

 

Gelaran Bakti Inovasi ini merupakan ajang edukasi dan informasi kepada masyarakat  tentang pentingnya keberadaan fasilitas mobile lab BSL-2 untuk penguatan penanganan pandemi Covid-19 di berbagai wilayah. Dikatakan Bambang, inovasi adalah solusi mobile lab BSL-2 yang merupakan inovasi anak bangsa dan sangat dibutuhkan guna mempercepat pemeriksaan spesimen rapid test dan swab PCR.

 

Ini merupakan pertama kalinya kami memberikan hibah kepada Pemerintah Kota Bogor karena sangat diperlukan, mengingat jumlah penduduk Kota Bogor yang banyak serta secara wilayah dekat sekali dengan Jakarta, ujar Menteri Bambang. Bambang berharap mobile lab BSL-2 dapat bermanfaat dalam mengendalikan kasus Covid-19 dan menjadi perhatian khusus. Selain itu, guna membantu kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh juga diberikan minuman herbal.

 

Sementara, Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan bahwa pihaknya memerlukan langkah terukur dan fokus kepada 3T (Tracing, Testing dan Treatment). Selain itu, saat ini kapasitas laboratorium perlu diperkuat dan kami telah merekrut petugas untuk dapat bekerja penuh. Sekali lagi permasalahannya adalah pada kapasitas kemampuan laboratorium. Karenanya dengan kehadiran mobile lab BSL-2 kami berterima kasih sehingga dapat memperkuat kapasitas 3T, jelas Bima.

 

Hal senada dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza bahwa BPPT telah meluncurkan inovasi mobile lab BSL-2 yang dapat dipindah-operasikan guna menjangkau daerah yang membutuhkan.

 

Dibangun dengan platform trailer adalah untuk memperkuat konsep mobilitas. Karya inovasi tersebut lanjut Hammam sekaligus untuk mendukung upaya penguatan 3T. Selain itu pada varian trailer ini, juga terdapat penambahan beberapa fasilitas untuk ekstraksi RNA, sehingga dapat menggunakan reagen yang lebih bervariasi (metoda magnetic beads). Juga dilakukan penyempurnaan layout peralatan untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan personil penguji, jelasnya.

 

Ia berharap inovasi ini dapat membantu Pemerintah Kota Bogor dalam mempercepat penanggulangan Covid-19 dan turut  memperkuat daya saing industri nasional. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT