• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Penguatan Ekosistem Enterpreneur

Jika kita ingin menuju kepada Indonesia yang maju mandiri adil dan makmur dan sebagai top ekonomi dunia maka inovasi yang akan menjadi penghela dari pertumbuhan ekonomi nasional, kata Kepala BPPT Hammam Riza diacara webinar dengan tema Aplikasi Ekosistem yang Terpadu dari Riset, Inovasi dan Komersialisasi untuk Produk/Jasa Karya Anak Bangsa dan Pembentukan Enterpreneur untuk IKM/UKM/Koperasi dan Industri Pedesaan Indonesia (20/11).

 

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa riset inovasi dan komersialisasi merupakan sebuah rantai nilai dan tidak bisa dipungkiri jika ingin bersaing dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia karena kita masih berada dibawah mereka peringkatnya.

 

Apakah bisa inovasi memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional, sesungguhnya negara maju harus mampu menembus GDP perkapita yang 12 ribuan seperti Korea Selatan. Karenanya peran entrepreneur harus ditingkatkan untuk melakukan inovasi.

 

Disisi lain jika ingin mencapai dan lepas dari midle income trap, maka sistem ekonomi Indonesia harus bertumpu pada inovasi dan didukung dengan adanya bonus demografi yakni orang yang memiliki usia produktif, ujarnya.

 

Oleh karena itu, potensi wirausaha berbasis teknologi harus dijadikan kunci sukses untuk menjadi negara maju. Menurut Hammam, pemerintah harus mendorong semua pemuda yang memberikan kontribusi dengan kunsi sukses inovasi dan penggunaan dan pemanfaatan teknologi.

 

Dengan disertai riset, inovasi dan komersialisasi, ekosistem technopreneur ini yang harus dikuatkan guna mendorong seluruh upaya untuk keberhasilan technopreneur dengan terciptanya SDM trampil dan inovatif. Melalui ekosistem inovasi sebagai bagian dari upaya kita untuk bisa mengakselerasi mengantarkan riset dan inovasi kepada komersialisasi, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT