• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Bangun Ekosistem Transformasi Digital Melalui Pembangunan Pusat Inovasi Kecerdasan Artificial

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI) menggelar webinar dengan tema Audit Teknologi Dalam Kecerdasan Artifisial. Adapun webinar ini bertujuan untuk mengakselerasikan pelaksanaan program BPPT untuk membangun ekosistem transformasi digital melalui pembangunan pusat inovasi kecerdasan artifisial.

 

Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknolgi /BRIN menunjuk BPPT Sebagai leader untuk tim Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial (Stranas AI) dan telah berhasil menyusun dokumen Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial.

 

Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Republik Indonesia tahun 2020-2045 menurut Hammam merupakan arah kebijakan nasional yang memuat area fokus dan bidang prioritas teknologi kecerdasan artifisial yang dapat dijadikan sebagai acuan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dalam melaksanakan kegiatan dibidang teknologi kecerdasan artifisial di Indonesia.

 

Indonesia sebagai negara yang memiliki kekuatan pasar ekonomi digital terbesar saat ini di Asia Tenggara akan memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menerapkan teknologi ini.

 

Tantangan-tantangan itu lanjut Hammam dapat dikelompokan ke dalam empat hal penting yakni kesiapan tenaga kerja terampil dengan mengembangkan dan menggunakan kecerdasan artifisial.

 

Kemudian, kesiapan regulasi yang mengatur etika penggunaan dan pemanfaatan kecerdasan artifisial yang bertanggung jawab. Selain itu, kesiapan infrastruktur komputasi dan data pendukung pemodelan kecerdasan artifisial dan kesiapan industri dan sektor-sektor publik dalam mengadopsi inovasi-inovasi kecerdasan artifisial.

Selain itu, Kecerdasan Artifisial juga dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah infrastruktur dengan hemat biaya, memberikan layanan sosial yang efektif, merencanakan sumber daya pendidikan yang berkualitas, membantu pemerintah menyusun kebijakan yang tepat, membangun pasar digital, membantu pemerintah dalam memberikan layanan terbaik di sektor-sektor publik, non publik dan lain sebagainya, pungkasnya.

 

Melalui webinar ini, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang audit tenologi dalam Kecerdasan Artifisial (KA) yang di selenggarakan oleh Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI). IATI juga berusaha mencarikan solusi yang tepat agar program Making Indonesia 4.0. tetap dapat berjalan di tengah-tengah situasi yang serba sulit ini. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT