• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Beri Sentuhan Teknologi, BPPT Dorong Produktifitas Pertanian Di Perkotaan

 

Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan bahwa persentase populasi penduduk Indonesia di daerah perkotaan cenderung meningkat. Hal ini berpengaruh terhadap komoditas pangan, diantaranya produk-produk hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan.

 

Produk pertanian pada umumnya dihasilkan dari daerah pedesaan namun seiring bertambahnya waktu maka luas lahan pertanian semakin berkurang karena adanya alih fungsi lahan pertanian.

 

Oleh karena itu, perlu di kembangkan teknologi pertanian yang tidak banyak memerlukan lahan luas tetapi mempunyai produktifitas yang cukup tinggi. Teknologi pertanian perkotaan atau teknologi urban farming merupakan salah satu solusi untuk permasalahan tersebut, contohnya adalah teknologi budidaya tanaman berbasis air atau hidroponik.

 

Berkaca dari hal tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama mitra kerja Komisi VII DPR RI menggelar diseminasi atau kegiatan penyebaran hasil inovasi terkait teknologi hidroponik guna mendukung urban farming di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor (22/10).

 

Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT Soni Solistia Wirawan dalam sambutannya menyampaikan, teknologi hidropopik yang diberikan adalah hasil desain dari Pusat Teknologi pertanian dan Pusat Teknologi Bioindustri. Teknologi ini telah dikembangkan oleh BPPT sejak 20 tahun yang lalu dan akan terus dilanjutkan untuk mendukung urban farming.

 

 

Diharapkan teknologi hidroponik dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi kelompok wanita tani sehingga urban farming dapat berkembang dengan pesat di Kota Bogor, pungkasnya.

 

Sementara, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno berharap agar urban farming dengan menggunakan teknologi hidroponik selain menghijaukan kota juga dapat memperdayakan ekonomi masyarakat Kota Bogor.

 

Ia pun berharap, acara ini dapat menjadi kegiatan berkelanjutan, bukan hanya hidroponik hortikultura pangan saja tetapi juga tanaman non pangan seperti anggrek dan tanaman hias lainnya.

 

Sebagai informasi, pada acara tersebut BPPT memberikan beberapa paket untuk pertanian yakni: 60 paket hidroponik, 1 unit mesin sangrai kopi, bibit sayuran 3 jenis 185 pak, dan pupuk AB mix hidroponik.

 

Diharapkan melalui paket teknologi tersebut dapat dikembangkan serta menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat. Diseminasi teknologi ini juga merupakan bagian dari kegiatan diseminasi teknologi lainnya. Seperti teknologi Kesehatan, lingkungan, pertanian, peternakan dan perikanan yang selalu dilakukan BPPT sebagai lembaga kaji terap. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT