• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Melalui Diseminasi Teknologi Pertanian, Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

 

Pertanian merupakan sektor penting di dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan menjadi salah satu tugas pemerintah yang tidak ringan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI, Pemerintah menargetkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang dianjurkan mencapai 2100 kkal per orang per hari untuk rata-rata kecukupan energi dan 57 kkal untuk rata-rata kecukupan protein per orang per hari.

 

Saat ini, target tersebut belum tercapai, sehingga masih  terus diperjuangkan mengingat pola pangan hewani dari daging, telur, susu dan ikan secara total baru mencapai 95,9 gram/kapita/tahun, masih jauh di bawah angka harapan yaitu sebesar 150 gram/kapita/tahun.

 

Berangkat dari hal tersebut serta dalam rangka hilirisasi hasil inovasi teknologi pertanian untuk masyarakat, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengadakan diseminasi teknologi budidaya ikan skala kecil sampai dengan pengenalan budidaya tanaman secara hidroponik di Kelurahan Purwokerto Lor, Kabupaten Banyumas (22/10).

 

Sekretaris Utama BPPT Dadan Moh Nurjaman saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa BPPT telah menghasilkan berbagai invensi dan inovasi unggulan di bidang produksi pertanian perikanan dan peternakan.

 

Teknologi urban farming yang meliputi budidaya tanaman hortikultura, peternakan dan perikanan di daerah perkotaan dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan peningkatan kebutuhan pangan yang dibenturkan dengan keterbatasan lahan pertanian, ungkapnya.

 

Dalam mendukung keberhasilan kegiatan diseminasi teknologi pertanian ini, BPPT memberikan berbagai paket inovasi teknologi yaitu: 50 paket hidroponik, 3 unit mesin chopper pengolahan hijauan pakan ternak, 10 unit paket bioflok dengan bibit ikan nila monosex dan 1 unit sangrai kopi yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Agroindustri BPPT.

Sementara Kepala Bidang Bina Usaha dan Penyuluhan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Cut Fifiani menyambut baik kegiatan ini bahwa ketahanan pangan bisa dimulai dari keluarga.

 

Diseminasi teknologi pertanian merupakan hal penting dalam rangka mengimplementasikan apa yang sudah diamanatkan pada BPPT yaitu penerapan teknologi tepat guna untuk masyarakat, jelasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT