• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dorong Percepatan Penanganan Covid-19, BPPT Serahkan Emergency Ventilator Ke Rumah Sakit Umum di Banyumas

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyerahkan salah satu produk inovasi alat kesehatan buatan anak bangsa yaitu emergency ventilator kepada Rumah Sakit Umum Wiradadi Husada sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Banyumas (22/10).

 

Disaat pandemi Covid-19 mewabah, ventilator menjadi salah satu peralatan medis yang paling sering digunakan. Pasien yang mengalami kesulitan bernapas akan dibantu alat tersebut supaya mendapatkan oksigen dan bisa kembali bernapas secara normal.

 

Sekretaris Utama BPPT Dadan Moh Nurjaman diacara penyerahan tersebut mengatakan, bahwa emergency ventilator ini adalah salah satu karya BPPT bersama seluruh mitra yang tergabung dalam Task Force Riset dan Inovasi Covid-19 (TFRIC-19) yang dibuat dalam waktu sangat singkat untuk membantu penanganan Covid-19.

 

Emergency ventilator dan produk lainnya adalah bukti nyata bahwa bangsa Indonesia mampu melakukan riset, memproduksi, serta menghilirisasinya dalam waktu singkat dengan kualitas dan kemampuan yang tidak kalah dari emergency ventilator buatan luar negeri, ucapnya.

 

TFRIC-19 sendiri sebutnya, merupakan sebuah sinergi BPPT bersama berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, perguruan tinggi, industri, komunitas serta media dalam menghasilkan lima alat kesehatan (Alkes) dalam waktu singkat, hanya dalam masa dua bulan.

 

Adapun inovasi alat kesehatan penanganan Covid-19 tersebut yakni Rapid Diagnostic Test (RDT), Polymerase Chain Reaction (PCR) Test Kit, Mobile Laboratory Biosafety Level-2 (BSL-2), Emergency Ventilator, serta penggunaan kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligences untuk deteksi Covid-19 menggunakan citra x-ray dan ct-scan organ paru-paru pasien terduga covid-19.

 

Pengembangan ventilator oleh BPPT ini merupakan upaya untuk mencukupi kebutuhan alat bantu pernapasan di seluruh rumah sakit di Indonesia. Emergency ventilator karya anak bangsa ini telah lolos uji sertifikasi di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan.

 

Inovasi karya anak bangsa ini diharapkan bisa diterima oleh tenaga kesehatan dan rumah sakit di Indonesia agar tidak tergantung dengan alat kesehatan impor. Indonesia akan bisa mandiri secara ekonomi dan menjadi negara maju dengan menjadikan inovasi sebagai landasan pembangunan nasional, pungkasnya (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT