• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Kolaborasi Dan Inovasi

Insinyur di Indonesia dapat menjadi pendorong terciptanya inovasi, kita memiliki visi Indonesia Emas 2045 yang dapat menjadikan Indonesia top lima negara di dunia, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara workshop secara daring yang di selenggarakan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Association for Engineering Education in Southeast and East Asia and the Pacific (AEESEAP) yang membahas tentang profesi insinyur (15/10).

 

Guna mewujudkan Indonesia Emas 2045, lanjut Hammam salah satu caranya adalah  dengan menjadikan inovasi sebagai pendorong dalam Making Indonesia 4.0 yang merupakan sebagai peta jalan menuju visi tersebut.

 

Oleh karenanya, perlu ada kolaborasi terutama oleh para insinyur untuk dapat mewujudkan visi itu. Para insinyur menurutnya dapat mencari solusi dan memecahkannya bersama dengan membentuk ekosistem inovasi.

 

Kerja bersama tersebut sudah dibuktikan melalui ekosistem inovasi Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) dalam menangani pandemi Covid-19 yang menghasilkan produk-produk alat kesehatan.

 

Lebih lanjut dikatakan Hammam, insinyur sebagai profesi di berbagai bidang bukan hanya membutuhkan kolaborasi tetapi juga membutuhkan sertifikasi. Terdapat empat tingkatan profesi insinyur sebagai anak tangga agar bisa menjadi insinyur utama

 

Selain itu, penentuan standar kompetensi sangat penting agar para insinyur dapat menguasai pengetahuan, kemampuan dan sikap dalam bekerja. Bukan hanya secara teknis tetapi insinyur juga dituntut dapat berkompetensi di bidang kepemimpinan dan sosial budaya, ujarnya.

 

Disebutkan Hammam, saat ini terdapat kurang lebih 3.000 insinyur di BPPT yang nantinya akan terus bertambah sampai 7.500 insinyur untuk mengembangkan inovasi di sektor prioritas seperti mitigasi bencana alam tsunami Ina-TEWS yang merupakan sistem peringatan dini tsunami yang komprehensif.

 

Sebagai penutup, Hammam mengajak kepada semua pihak untuk membentuk ekosistem inovasi guna meningkatkan peran insinyur di Indonesia sehingga inovasi dapat membawa kita menuju Indonesia Emas 2045. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT