• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dukung Pembangunan Nasional, BPPT Dorong Penerapan Transformasi Digital

 

Dalam merealisasi industri di era 4.0 yang harus dilakukan adalah membangun ekosistem inovasi inilah yang menjadi tantangan besar. Kita berharap ada upaya-upaya untuk menerobos era indutri 4.0 ini agar tidak sekedar berbicara melainkan melakukan nya didalam realita pembangunan nasional, kata Kepala BPPT diacara webinar dengan tema Artificial Intelligence di Era Industri 4.0 (23/09).

 

Dikatakannya lebih lanjut bahwa disinilah terlihat investasi didalam Reseach and Development (RnD) seperti yang tertera dalam Undang-undang No 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bahwa riset, inovasi, penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan itu merupakan sebuah rantai nilai untuk mengantarkan sebuah ide sampai kepada alhir yakni hilirisasi dan komersialisai.

 

Dalam mengupayakan transformasi digital yang nantinya akan mengantarkan kepada transformasi industri, ini akan menjawab tantangan revolusi industri 4.0 yang merupakan sebuah keniscayaan bagi Indonesia guna mengejar pertumbuhan ekonominya. “Karenanya kita ingin mempercepat transformasi digital itu karena semua sektor mengalami akan proses tersebut”, ujar Hammam.

 

Making Indonesia 4.0 itu adalah melaksanakan transformasi digital di berbagai sektor industri. Di masa pandemi Covid-19 ini menurutnya adalah sebuah keniscayaan untuk bisa mematuhi semua protokol kesehatan sekaligus tetap produktif di dalam mengejar pemulihan ekonomi.

 

Hal penting lain adalah menguasai teknologi daripada yang mendisruptif seperti Cloud, IoT, Big Data, AI ini dalah bagian dari pada penguasaan teknologi yang menjadi mandat bagi BPPT. BPPT tuturnya, harus menguasai teknologi dan menjamin keberhasilan penerapannya, selain itu harus mendorong agar seluruh ekosistem inovasi bisa menguasai teknologinya.

 

Dalam transformasi digital dapat dilihat bahwa RPJMN telah menempatkan transformasi digital sebagai mainstream dari berbagai semua kegiatan pembangunan nasional. Diharapkan AI ini dapat menjadi sebuah ekosistem dari inovasi karya Indonesia didalam revolusi industri 4.0. Ekosistem ini yang menjadi impian bersama karena kita tidak bisa berjalan sendiri.

 

Ekosistem ini juga menyatakan bahwa semua stakeholder agar dapat membangun sebuah kemampuan baik SDM akademi, industri serta pemerintahan dengan dukungan yang besar dari sluruh stake holder maka akan bisa merealisasikan bidang-bidang prioritas yang akan mendukung making Indonesia 4.0, pungkasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT