• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Manfaatkan Media Sosial, DWP BPPT Dorong Penyebarluasan Ragam Inovasi

Kemampuan sosial media dalam menyebarluaskan sebuah informasi saat ini sudah sangat mudah dan cepat. Namun apabila pemanfaatannya tidak bijak, sosial media akan menjadi serangan balik untuk kita.

 

Berangkat dari hal ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) di lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) BPPT pun menginisiasi diselenggarakannya Program Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pegawai BPPT dengan tema "Etika dan Pemanfaatan Sosial Media dalam Mendukung Peran DWP BPPT" yang dilakukan secara daring (16/09).

 

Kepala Pusbindiklat BPPT Suhendar Indrakoesmaya menyebut, peran DWP BPPT sangat penting dalam mendukung program di BPPT. Di era teknologi 4.0 ini, kita bisa memanfaatkan kemudahan mensosialisasikan ragam inovasi yang dihasilkan BPPT melalui berbagai platform media yang ada. Namun, masih banyak kaidah-kaidah yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan.

 

"Semakin banyaknya platform media untuk bertukar informasi, semakin kita harus pintar memilah milih secara bijak dan arif informasi apa yang layak disajikan untuk dikonsumsi publik. Apa yang ditampilkan ke publik terkait BPPT, merupakan sebuah cerminan. Sehingga jangan sampai terjadi kesalahan penggunaan sosial media yang memberi dampak negatif", ujar Suhendar.

 

Hal serupa pun dituturkan Ketua DWP BPPT, Ariani Triana Hammam. Para anggota DWP yang juga sebagai seorang istri harus memiliki peran dalam memviralkan informasi dan inovasi yang dihasilkan perekayasa dan peneliti BPPT.

 

Tidak hanya itu, Ariani juga menuturkan perlu bagi kita untuk memahami etika dan pemanfaatan yang bijak terkait cara memviralkan informasi melalui sosial media. Karena peran sosial media saat ini memiliki pengaruh besar, dharma wanita juga harus bisa juga menjadi humas BPPT untuk mensupport kinerja suami dan pegawai BPPT lain.

 

Selain itu, kita juga bisa mensupport dengan ikut memviralkan keberhasilan BPPT, ikut share kembali apa yang di share oleh media sosial utama BPPT dengan cara kita. Karenanya penting bagi kita memilah dan memilih informasi, menyaring mana yang layak dibagikan maupun tidak.

 

Begitu juga bagaimana cara mengkonsumsi informasi yang ada di sosial media. Melalui webinar ini diharapkan dapat memperluas pemahaman dan sekaligus pembelajaran mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan sosial media, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang ada, pungkasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT