• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Membangun Ekosistem Inovasi Teknologi Di Tengah Pandemi RI – GHA-Covid-19 : Rapid Diagnostic Test Covid-19 Karya Anak Bangsa (II)

BPPT melalui Pusat Layanan Teknologi (PUSYANTEK) terus mendorong tahapan hilirisasi dan komersialisasi. RI-GHA-Covid-19 diproduksi oleh PT. Hepatika Mataram dengan kapasitas 100.000 kit per 3 bulan. Untuk meningkatkan kapasitas produksi, telah terjalin Kerjasama antara PT. Hepatika Mataram dengan PT. Prodia Diagnostic Line. Harga produk  RI-GHA-Covid-19 adalah Rp 75.000,-/ kit.

Selain Kementrian Kesehatan, beberapa instansi, dan pihak lain juga telah mengajukan permintaan atau pemesanan produk RI-GHA-Covid-19 ini, diantaranya Bank BNI, Pemkot Tangerang Selatan, Yayasan Budha Tsu Chi, RS Bayangkara, dan pihak lain, termasuk Kemenko PMK.

 

Strategi Ke Depan

RDT RI-GHA, TFRIC 19 ini diproduksi dengan menggunakan bahan baku antigen yang masih diimpor. TFRIC-19 telah menyiapkan scenario, agar bahan baku RDT ini bisa diproduksi di dalam negeri. Saat ini TFRIC telah menyiapkan aksi pengembangan teknologi produksi antigen dalam negeri sebagai bahan baku produk Rapid Test RI-GHA IgM/IgG, dengan berbasis pada desain dari sekuen virus Covid-19 orang Indonesia. Diharapkan dengan bahan baku ini akan menunjang kemandirian produk rapid test Covid-19 di Indonesia.

 

Produk Inovasi TFRIC-19 lainnya

Selain RI-GHA-Covid-19, BPPT bersama Nusantics dan PT. Biofarma telah berhasil melakukan inovasi produk untuk penguatan pemeriksaan Gold Standar Covid-19 dengan menggunakan PCR. BioCOV-19, reagen untuk pemeriksaan spesimen menggunakan PCR telah diproduksi oleh PT. Biofarma sebanyak 100.000 tes dengan dukungan pendanaan dari Gerakan Indonesia Pasti Bisa. Saat ini PT. Biofarma sedang menyiapkan produksi komersial untuk memenuhi permintaan BioCOV-19 dari beberapa pihak.

 

Ventilator darurat dan Laboratorium Mobile BSL2 juga merupakan produk inovasi BPPT bersama mitra lain dalam TFRIC-19 yang memberikan manfaat penting dalam upaya penguatan aksi penanganan Covid-19. Komersialiasi kedua produk tersebut juga sedang berproses.

 

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, insha alloh di bawah koordinasi Kementrian Ristek/BRIN, BPPT bersma tim TFRIC-19 akan meluncurkan beberapa produk inovasi lain untuk penanganan Covid-19, mohon dukungan dan doa. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT