• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tingkatkan Produksi Pertanian, BPPT Ajak Terapkan Smart Farming

 

Dengan bertambahnya jumlah penduduk dan keterbatasan lahan serta peningkatan konsumsi, guna mencukupi kebutuhan pangan, pertanian adalah kuncinya.  Smart farming yang digadang-gadang akan menjadi konsep pertanian di masa depan karena keterbatasan lahan. 

 

Dalam penerapannya, tidak hanya tentang penerapan teknologi, namun kunci utama adalah tentang data yang terukur, apa saja yang dibutuhkan tanaman guna mencapai hasil produksi yang optimal, prediksi panen, keamanan dan pencegahan hama, serta manajemen operasional yang semua itu dapat dilakukan dengan penerapan teknologi smart farming.

 

Melalui pemanfaatan teknologi seperti big data, machine learning, dan Internet of Things (IoT) smart farming dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas produksi dalam industri agrikultur.

 

BPPT sebagai lembaga pengkajian dan penerapan telah melakukan beberapa inovasi di bidang pertanian dan kesehatan seperti teknologi perbanyakan bibit, teknologi pengolahan pangan, teknologi pasca panen serta teknologi pengolahan rumput laut, selain itu Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris dengan memiliki potensi pertanian yang besar.

 

Sektor pertanian memiliki potensi besar dan bagi generasi milenial, dan ini menjadi tantangan untuk bagaimana memajukan produksi pertanian terlebih di era industri 4.0, kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza di acara webinar Unlocking Innovation in Sustainable Nutrition & Wellness (30/06).

 

Dengan menggunakan teknologi pertanian cerdas atau smart farming guna meningkatkan produktivitas pertanian sehingga profesi petani dapat dijadikan sebuah cita-cita, ujarnya.

 

Sehingga, generasi petani milenial di harapkan bisa masuk dan berperan di sektor ini dengan penguasaan teknologi merubah tradisional farming menjadi modern dan lebih menguntungkan, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT