• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sinergi Kelembagaan, Wujudkan Inovasi Karya Anak Bangsa

BPPT melalui sinergi kelembagaan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC-19) telah menghasilkan berbagai produk buatan dalam negeri guna mengatasi wabah virus Covid-19.

 

Dari hasil menggabungkan semua stakeholder akademisi, bisnis, pemerintahan, komunitas serta media maka kita sudah tidak lagi memiliki sekat-sekat di dalam  mengolah sebuah pemikiran guna membangun ekosistem inovasi khususnya di dalam membuat alat kesehatan agar bisa memberikan sebuah kebanggaan menegakan kemandirian bangsa dalam memproduksi alat kesehatan, kata Kepala BPPT Hammam Riza diacara Insight With Desi Anwar (21/05).

 

Lebih lanjut diungkapnya, sebagai anak bangsa harus mampu melahirkan ide dan menjadikannya sebuah produk buatan Indonesia yang dipakai dengan penuh kebanggaan masyarakat.

 

Seperti diketahui pada masa pandemi ini dari sisi riset, kita harus “lapar” akan inovasi dan terus bermimpi serta terus belajar supaya bisa memiliki daya saing dengan negara lain. Seperti produk inovasi alat kesehatan yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo diantaranya RDT Kit, PCR Test Kit, Artificial Intelligences untuk deteksi Covid-19, Mobile Lab Bio Safety Lab lvl.2, dan Emergency Ventilator, ujarnya.

 

Kolaborasi ini menurutnya merupakan model ekosistem inovasi yang terbangun karena adanya dorongan “kebutuhan” bersama, dan karena ada rasa kebersamaan yang sangat kuat untuk berbuat sesuatu.  Saya memotivasi teman-teman yang ada dalam TFRIC-19 untuk bisa bekerjasama guna menghasilkan alat kesehatan yang terkait dengan penanganan pandemi, ini membuktikan bahwa Indonesia bisa.

 

Ekosistem inovasi yang sudah terbangun ini harus diteruskan dan diberi penguatan guna menyongsong ekonomi Indonesia yang berbasis kepada inovasi. Berbagai produk inovasi karya anak bangsa pun telah dihasilkan dari sinergi ini yang memang difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19. Inilah harapan visi Indonesia 2045 kedepan adalah menuju Indonesia adil dan makmur bila menjadikan inovasi sebagai budaya, jelasnya.

 

Adapun pelajaran yang diambil adalah saat ini kita berada didalam kondisi new normal yang membuat sistem inovasinya betul-betul tumbuh. Interaksi antara peneliti dan perekayasa baik dari akademisi maupun pemerintahan, swasta maupun industri. Kesemuanya itu menjadi tempat kita bereaksi dan hasil reaksinya adalah sebuah kemampuan Indonesia untuk menghasilkan inovasi, pungkasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT