• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lantik Pejabat Fungsional, Sekretaris Utama BPPT: Perkuat Daya Saing Melalui Inovasi

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali melantik dan mengambil sumpah/janji Pejabat Fungsional. Sesuai ketentuan yang ada, kenaikan jenjang jabatan fungsional harus dikukuhkan melalui pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan.

 

Dengan Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 2020, 18 Februari 2020, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Dan Dari Jabatan Fungsional Ahli Utama, maka dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan kepada bagi tiga Pejabat Fungsional Peneliti Utama, demikian kata Sekeretaris Utama BPPT Dadan Moh Nurjaman usai melantik Pejabat Fungsional Peneliti Utama, di Jakarta (10/03).

 

Dadan menyebut, saat ini jumlah Peneliti di BPPT ada 150 orang, 65 orang diantaranya adalah Peneliti Utama. Dengan dilantiknya 3 Peneliti Utama pada hari ini maka jumlah Peneliti Utama di BPPT menjadi 68 orang.

 

Sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 34 Tahun 2018 menurut Dadan, bahwa tugas jabatan fungsional peneliti adalah melakukan penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi, diantaranya meliputi kegiatan penelitian yang menghasilkan publikasi ilmiah, kekayaan intelektual, lisensi, dan seterusnya. Tidak ringan memang tugas seorang Peneliti, terlebih Peneliti Ahli Utama, ujarnya.

 

Oleh karena itu kata Dadan, Peneliti Ahli Utama memang dituntut untuk mampu menghasilkan publikasi hasil kegiatan dalam bentuk buku, bunga rampai, orasi ilmiah, artikel ilmiah, linsesi kekayaan intelektiual, menjadi pemakalah kunci pada lingkup pertemuan ilmiah.

 

Satu lagi yang yang tidak kalah penting adalah mampu menyusun hasil penelitian sebagai bahan kajian/rekomendasi dalam penyusunan kebijakan. Kalau ini benar-benar dapat diwujudkan maka akan sangat mendukung tugas utama BPPT dalam menyiapkan hasil-hasil inovasinya.

 

Kepada Pejabat Fungsional Peneliti Ahli Utama, Dadan berharap dapat memperkuat posisi Jirap serta memperkuat posisi daya saing dengan semakin banyak inovasi yang akan menghasilkan invensi maupun inovasi.

 

Jadi saat ini para pejabat fungsional tidak bisa berleha-leha lagi, harus fokus dan serius dalam melakukan kegiatan jabatan fungsionalnya tersebut, pungkasnya. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT