• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pusat TIK BPPT Ditetapkan Sebagai Pusat Unggulan Iptek

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT ditetapkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK (PUI) oleh Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN, setelah menjadi binaan PUI selama 2 tahun atau sejak tahun 2018. 


Hasil penetapan PUI ini disampaikan dan diapresiasi secara langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi, Bambang P.S. Brodjonegoro dalam acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019, di Auditorium BJ Habibie, Gedung II BPPT, Jakarta, Senin (02/12). Apresiasi tersebut diterima oleh Sri Saraswati, Kepala Bagian Program dan Anggaran yang mewakili Direktur PTIK BPPT. 


PTIK sendiri ditetapkan sebagai PUI di bidang Biometrik yang merupakan teknologi inti yang harus dikuasai dalam rangka kemandirian serta peningkatan kualitas layanan public berbasis elektronik. Dengan teknologi biometric, diharapkan pelayanan publik menjadi lebih tepat sasaran, efektif dan efisien. 


Penetapan PUI ini, merupakan buah dari inovasi dan layanan teknologi yang dilaksanakan di PTIK BPPT melalui penguatan tatakelola litbangjirap (penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan) yang berfokus pada  penguatan Sourcing – Absorptive Capacity, R&D Capacity, dan  Disseminating Capacity, sesuai kerangka pembinaan PUI Kemenristek/BRIN.


Kegiatan inovasi teknologi yang dilaksanakan PTIK BPPT tersebut mencakup bidang Biometrik pada khususnya, maupun bidang-bidang TIK yang lebih luas lainnya seperti intelligent computing dan pelayanan public berbasis elektronik (e-Services). Adapun layanan teknologi Biometrik yang diunggulkan antara lain berupa layanan konsultasi dan pengujian aspek Biometrik pada perangkat elektronik seperti KTP-el reader, yang merupakan bentuk dukungan BPPT pada program nasional KTP elektronik. 


Penetapan PUI Biometrik ini juga menjadi penyemangat bagi seluruh Perekayasa dan Peneliti di PTIK BPPT, untuk terus berkarya menghasilkan inovasi dan layanan teknologi TIK yang dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat.


Saat ini, disamping Biometrik PTIK tengah mengembangkan inovasi teknologi lainnya seperti di bidang Natural Language Processing (NLP) dengan pengembangan Speech-to-speech Translator Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris; dan teknologi pemilu elektronik yang mencakup e-Verifikasi pemilih berbasis KTP elektronik, e-Voting dan pengiriman hasil rekapitulasi/penghitungan suara bertanda-tangan digital. Selain itu PTIK juga melakukan pengembangan di bidang security analitic berbasis big data; sistem perencanaan dan keuangan pemerintahan terintegrasi; dan sebagainya. 


Kedepannya, kompetensi dan kapasitas yang telah terbangun tersebut menjadi modal dalam melakukan litbangjirap sesuai perkembangan TIK saat ini, antara lain di bidang cloud technology dan artificial intelligence.  


"Dalam berinovasi di bidang apapun, sinergi dan kolaborasi berbagai pihak sangatlah penting. Dengan demikian hasil-hasil inovasi ini dapat diterapkan secara lebih luas dan dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak" pungkasnya.


Perlu diketahui dengan penetapan PTIK sebagai PUI itupun, hingga 2019, sebanyak 6  satuan kerja (satker) di BPPT telah dinobatkan sebagai PUI. 


Sebelumnya pada tahun 2017, Pusat Teknologi Material (PTM) BPPT telah ditetapkan sebagai PUI Teknologi Material Medis; dan Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) BPPT ditetapkan sebagai PUI Hidrodinamika Bangunan Apung. 


Pada tahun 2018 Balai Teknologi Polimer (BTP) BPPT ditetapkan sebagai PUI Komposit Polimer; Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (B2TMC) BPPT ditetapkan sebagai PUI Teknologi Modifikasi Cuaca; dan Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT telah ditetapkan sebagai PUI Komputasi Awan dan data Center Pemerintahan. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT