• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Dukung Penerapan Internet Governance di Indonesia

 

Diskusi seperti forum kebijakan keamanan siber dan forum terkait data pribadi sangat menarik, kegiatan tersebut juga akan memperluas pengetahuan mengenai internet dan sejumlah hal yang terkait dengan internet itu sendiri, demikian disampaikan Sekretaris Utama BPPT Dadan Nurjaman di acara “Dialog Nasional-Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF), di Jakarta (09/10).
 
Diakatakan Dadan, berbicara mengenai pengguna internet di Indonesia, dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa penduduk Indonesia, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen yang sudah terhubung ke internet (data tahun 2018 dari Polling Indonesia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia/APJII).

Saat ini, sebut Dadan, tentu angkanya semakin bertambah. Dari seluruh pengguna internet ini, diketahui mayoritas yang mengakses dunia maya adalah kaum muda, dengan rentang usia 15 hingga 19 tahun. 
 
Lebih lanjut dikatakannya, saat ini, perkembangan teknologi informasi di Indonesia belum dapat mengimplementasikan teknologi 5G secara komersial, baik untuk industri atau pun konsumen individu.

Sampai saat ini juga pemerintah belum menentukan spektrum yang akan digunakan untuk jaringan 5G di Indonesia, tuturnya.
 
Dadan berharap dialog nasional ini dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam perkembangan tata kelola internet di Indonesia.
 
Sementara, Mariam Barata selaku Koordinator Multi Stakeholder Advisory Group (MAG) ID-IGF mengatakan, forum ini dihadiri oleh stakeholder dari berbagai profesi berasal dari beberepa negara terkait didalam dunia teknologi informasi dan komunikasi yang tergabung dalam peserikatan bangsa-bangsa.

Indonesia merupakan salah satu yang dari anggota dari IGF dan banyak multi sekurat dari bebagai kalangan seperti dari kalangan pendidikan, bisnis komunitas masyarakat sipil dan pemerintah, jelasnya.
 
Dalam forum ke 6 ini juga membahas mengenai berbagai isu topic sosial budaya, ekonomi, hukum serta infrastruktur dan juga ID IGF dari aspek social budaya yang akan mengupas social 5.0 bagamana meningkatkan SDM teknologi Digital.

Sedangkan dari aspek ekonomi tema yang dibahas adalah bagaimana Indonesia bersaing di era ekonomi digital dan mengenal lebih jauh tentang intusi digital sesuai dengan permasalahan, tutup Mariam. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT