• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT - ITSB Sepakat Kerjasama Riset Berbasis Teknologi Enzim

Dalam rangka mendukung dan mempercepat berkembangnya penerapan proses produksi Pulp dan Kertas berbasis teknologi enzim, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT ) melalui Pusat Teknologi Bioindustri (PTB), dan Program Studi Teknologi Pengolahan Pulp and Kertas (TPP), Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) sepakat tandatangani perjanjian kerja sama tentang Penelitian Aplikasi Enzim dan Mikroba pada Proses Produksi dan Pengolahan Lomba di Industri Pulp dan Kertas, di Cikarang (11/09/19).


Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT, Soni Solistia Wirawan, menyampaikan bahwa BPPT melalui Pusat Teknologi Bioindustri (PTB) telah mengembangkan teknologi produksi enzim untuk pulp dan kertas yang siap dialih teknologikan ke industri.

Menurutnya, pengembangan lebih lanjut aplikasi enzim dalam proses produksi pulp dan kertas perlu dilakukan kolaborasi dengan para pihak terkait termasuk akademisi dan industri.


Soni menilai kerjasama ini sangat penting, mengingat saat ini adanya pergeseran atau perubahan signifikan orientasi industri di tanah air dari Bussiness as Usual menjadi Green Bussiness atau Industri Hijau.

Ini merupakan komitmen Indonesia atas ditandatanganinya Manila Declaration on Green Industry di Filipina, tahun 2009 serta Petajalan Pembangunan Hijau yang telah dilaunching Bappenas sejak tahun 2015, ujar Soni.

Ditambahkannya, kesiapan teknologi enzim tentunya memerlukan dukungan dan peran akademisi dan praktisi di industri pulp dan kertas sebagai mitra pengguna sekaligus sparing partner dalam menciptakan inovasi yang layak terap di industri.

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) lanjutnya, sebagai institusi pendidikan milik Sinar Mas Group merupakan partner yang sangat ideal untuk bersinergi dalam pengembangan dan penerapan proses enzimatis dalam proses produksi di industri pulp dan kertas.

Kami berharap ini menjadi pintu masuk bagi semakin berkembangnya industri hijau di tanah air, pungkas Soni.

Sementara, Rektor ITSB Ari Darmawan Pasek, menyambut baik kolaborasi ini dengan harapan dapat mendorong terwujudnya cita-cita pembangunan sumberdaya manusia sebagaimana fokus pembangunan pemerintahan saat ini.

Selama ini kata Ari, ITSB telah berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam menyediakan tenaga kerja terdidik di industri pulp dan kertas, seperti yang telah ditegaskan oleh Rektor ITSB.


Ari berharap dengan kerja sama ini dapat diperoleh formula enzim ataupun mikroba yang mampu meningkatkan efisiensi proses dan atau meningkatkan kualitas produk, proses produksi pulp dan kertas, serta pengolahan limbah di industri pulp dan kertas. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT