• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Melalui Penguasaan dan Pemanfaatan Teknologi, BPPT Dorong Penguatan SDM Iptek Perkretaapian

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) gelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Penguasaan dan Pemanfaatan Teknologi untuk Mewujudkan Industri Perkretaapian Yang Maju dan Mandiri, Jakarta (17/07).

 

Kepala BPPT Hammam Riza, mengungkapkan bahwa hasil KTN 2019 memberikan gambaran dan masukan tentang kebutuhan dan penyediaan teknologi perkeretaapian beserta industri pendukungnya untuk percepatan peningkatan TKDN dan mendukung daya saing dan kemandirian industri kereta api nasional.

 

Upaya tersebut perlu dibarengi dengan strategi penguatan SDM Iptek terkait perkretaapian, jelas Hammam.

 

Rencana dan Kebijakan ini menurut Hammam perlu diperkuat dengan perundangan, regulasi dan standard nasional agar tercapai tujuan kemandirian dibidang perkeretaapian, industri perkeretapian yang berdaya saing dan TKDN yang tinggi.

 

Terakhir Hammam berharap FGD menjadi wadah komunikasi dan pertukaran informasi antar pemangku kepentingan di bidang teknologi transportasi agar tercapai sistem transportasi terpadu, handal dan berkelanjutan serta didukung oleh sistem industri dalam negeri yang kokoh serta menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah yang menjadi acuan dalam RPJMN 2020-2024.

 

Sementara Peneliti Utama Lukman Salahudin dalam laporannya mengatakan FGD ini merupakan tindak lanjut dari Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2019 pada bulan Maret dimana teknologi transportasi perkretaapian merupakan salah satu prioritas nasional ini.

 

Sebagai informasi, FGD ini diikuti 100 peserta dari unsur pemerintah (Kementerian dan LPNK), industri, akademi dan perekayasa bidang perkeretaapian. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT