• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Siap Dukung Era Kendaraan Listrik Indonesia

 

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) gelar diskusi Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) bertema Menyongsong Era Kendaraan Listrik di Indonesia, di Jakarta (17/7). Acara tersebut dilaksanakan berkaitan kesiapan Indonesia dalam mendorong KBL dan merupakan rangkaian dari pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

 

Kepala BPPT Hammam Riza dalam sambutannya menilai Indonesia harus bisa mempersiapkan diri menghadapi perkembangan kendaraan listrik yang terbilang cepat.

Kita yakini bahwa kendaraan bermotor listrik adalah salah satu disruptive teknologi yang kita semua harus bisa antisipasi.

 

Disruptive innovation itu adalah munculnya teknologi yang kemudian akan mengganti market place sebelumnya. Disruptive innovation artinya replacement dari incumbent market dan tentu saja ini akan menjadi new market dan akan menjadi jaringan nilai yang baru mengganti kendaraan berbasis fossil dengan KBL tentu saja harus disertai upaya sosialisasi mencermati seluruh perkembangan, ujarnya.

 

Adapun tujuan acara ini menurut Hammam adalah untuk mengenalkan teknologi terbaru khususnya ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

 

Sementara, Deputi Bidang TIEM BPPT Eniya Listiani Dewi menyampaikan, dengan membangun fasilitas pengujian terkait kendaraan listrik, akan mendorong iklim postif terhadap industri kendaraan listrik maupun moda transportasi masa depan.

 

BPPT telah merintis kegiatan terkait kendaraan bermotor listrik mulai dari pengembangan inovasi, pengujian sampai ke kliring teknologi serta alih teknologi untuk kemandirian bangsa serta mendukung penuh flagship kendaraan listrik nasional, jelas Eniya.

 

Sebagai informasi, FGD ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat baik teknokrat, birokrat, enterpreneur, akademisi, LSM, bahkan pemerhati maupun pengembang untuk berdiskusi bertukar pikiran menyampaikan pendapatnya untuk suksesnya program percepatan implementasi kendaraan listrik ini, karena mobil listrik merupakan suatu keniscayaan. (Humas/HMP)

 

 

 

 

acara ini juga didukung oleh Kementerian Kordinator, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, serta BUMN seperti PLN dan Pertamina. 

Diharapkan Kedepan, BPPT akan menfokuskan diri pada pengembangan teknologi fast charging station untuk kendaraan roda 4 dan roda 2 dengan melibatkan industri dalam negeri. Juga akan difokuskan pada teknologi pengujian battery cell dan pack untuk mendukung industry  battery kendaraan listrik.

(Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT