• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dorong Pemanfaatan Potensi Daerah, BPPT - Kabupaten Batubara Sepakat Jalin Kerjasama

Jakarta (25/06/2019). BPPT bersama  Dinas Peternakan Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara  lakukan penanda tanganan kerja sama tentang Optimalisasi  Produksi Pakan Melalui Pabrik Pakan Mini di Kabupaten Batubara.

 

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara BPPT dengan pemerintah Kabupaten Batubara di awal tahun 2017 melalui penandatanganan dokumen kerjasama MoU oleh Bupati Kabupaten Batubara dan Kepala BPPT.

 

Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Soni Solistia Wirawan mengatakan, target pemenuhan protein hewani asal daging sapi di Indonesia perlu didukung oleh pengadaan pakan dan lahan yang tidak terlalu gampang serta perlu diaplikasikannya  teknologi yang tepat guna sehingga target tersebut dapat tercapai dengan baik melalui pemanfaatan potensi bahan pakan untuk ternak sapi yang berlimpah baik dari limbah pertanian maupun limbah perkebunan seperti limbah kebun kelapa sawit.

 

Soni menyebut, dengan berlimpahnya bahan baku pakan ternak dari berbagai macam limbah kebun dan industri pertanian, maka jumlah ketersediaan pakannya dapat memenuhi kebutuhan ternak sapi dewasa sebanyak 276.257 ekor.   Sehingga potensi pengembangan ternak sapi potong bisa ditingkatkan sembilan kali dari tahun 2015.

 

BPPT akan selalu siap untuk mendukung program ini sesuai dengan misi BPPT yang menghasilkan inovasi dan layanan teknologi serta fungsi BPPT dalam pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan swasta di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi dan pengembangan kapasitas serta membina alih teknologi, ujar Soni.

 

Sementara,  dikatakan Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT Dudi Iskandar bahwa diseminasi produksi dan di tahun 2019 dititik beratkan untuk optimalisasi produksi pakan melalui pabrik pakan mini dengan diseminasi teknologi secara optimal.

 

Dengan adanya pabrik ini diharapkan ada kelompok-kelompok tani yang memproduksi pakan sehingga pabrik ini dapat berkembang.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batubara Hasriansyah Idris menjelaskan kerjasama yang selama ini sudah dilakukan sejak 2016 diharapkan akan terus berlanjut dengan BPPT.

 

Hasil dari kerjasama ini sudah dirasakan yakni untuk mengatasi kendala dalam masalah pakan dan pengembangan peternakan di Kabupaten Batubara. Dengan adanya teknologi dari BPPT menurut Hasriansyah dapat memberikan terobosan dimana pakan jadi selama ini dibeli oleh para petani tetapi sekarang sudah mulai cikal bakal memproduksi sendiri dan sudah mulai dimanfaatkan bagi para peternak. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT